Cara Memahami Introvert

Introvert

Secara umum, sifat manusia terbagi menjadi 3 tipe, yaitu Ekstrovert, Ambivert, dan Introvert. Namun anda pasti akan lebih banyak menemukan seseorang dengan tipe Ekstrovert atau Ambivert. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena Ekstrovert terlihat lebih bersemangat, terbuka, dan suka bergaul dengan orang banyak, sehingga ia lebih disegani dan banyak orang pun mengenalnya.

Ciri yang paling menonjol namun tidak paten dari seorang Introvert adalah sifatnya yang suka menyendiri, pendiam, dan tertutup. Namun karena sudah banyak referensi tentang definisi Introvert yang tersedia, maka saya akan fokus membahas bagaimana cara berinteraksi dan memahami seorang Introvert, agar kita tidak salah paham terhadap pemikiran dan tingkah laku mereka yang memang agak berbeda.

Guide to Understanding Introverts 1
Introvert Dalam Bola?

Seorang Introvert secara abstrak tinggal dan berada di sebuah bola yang terlindung dari “ancaman” dunia luar. Ancaman disini bukan berarti sesuatu yang berbahaya, melainkan sebuah gangguan yang membuat mereka kehilangan mood dan menjadi kurang bersemangat, biasanya ini terjadi ketika mereka berada di lingkungan yang ramai atau berada disekitar banyak Ekstrovert.

Guide to Understanding Introvert 2
Ember Energi

Pada gambar diatas terlihat seorang pria yang senang sekali bisa berkumpul dengan teman-temannya, itu adalah sebuah kebutuhan mendasar bagi seorang Ekstrovert, karena mereka tidak dapat membuat energinya sendiri dan membutuhkan campuran dari energi orang-orang disekitarnya untuk menciptakan energi bagi dirinya, itulah mengapa ia suka berkumpul, berinteraksi, atau melakukan berbagai kegiatan bersama teman-temannya. Kalau tidak demikian, dia akan kebingungan untuk memproduksi energinya.

Jika masih bingung dengan “energi”, anda bisa mengartikannya sebagai semangat dan kegembiraan anda sehari-hari.

Hal seperti ini sangat berbeda dengan Introvert, mereka tidak perlu susah payah melakukan interaksi sosial dengan banyak orang untuk kembali bersemangat/berenergi. Cukup dengan menyendiri, ia sudah mampu mengisi penuh energi yang habis. Jika mereka melakukan interaksi sosial dengan banyak orang, energinya justru semakin lama semakin habis dan ini bisa dilihat dari tingkah lakunya yang memalas.

Karena keterbatasan energi itulah mengapa ia lebih suka menyendiri dan tidak banyak bicara untuk lebih menghematnya. Mereka juga menjaga jarak dari interaksi yang terlalu dalam, khususnya jika sedang berhadapan dengan seorang Ekstrovert yang mereka anggap sebagai pemangsa energi untuk melindungi ruang lingkup pribadinya.Exit

Guide to Understanding Introvert 3
Langkah Pertama

Introvert tidak butuh teman dan ditemani, ia sudah bisa mengurus dirinya sendiri.

Setidaknya inilah persepsi salah sebagian besar orang terhadap seorang Introvert dan penyendiri, kecuali jika anda berpikir bahwa seorang Introvert bukanlah manusia. Seperti yang anda ketahui sebelumnya, seorang Introvert tidak suka membuang-buang energi dalam interaksi sosial yang tidak penting dan bermanfaat untuk mereka.

Jika anda ingin memahami mereka, mulailah dengan say hello, be polite, and relaxed. Tunjukkan bahwa anda menyadari dan menerima keberadaannya disekitar anda. Introvert akan merasa tidak nyaman dan terasingkan jika berada di lingkungan dimana orang-orang disekitarnya memberikan pandangan buruk terhadap sikap pendiamnya.

Setelah Introvert menyadari bahwa anda dapat menerimanya, ia akan mempersilahkan anda masuk ke dalam ruangannya, setelah itu anda dapat memulai interaksi dengan berbagi kabar menarik yang anda ketahui, asal jangan tekankan bahasan anda pada gosip.

Introvert tidak menuntut anda untuk melakukan interaksi yang konstan, jadi jika sudah tak ada lagi yang ingin anda beritahukan padanya, maka berhenti dan kembalilah pada kegiatan anda sebelumnya. Dengan demikian, anda akan turut menghemat energinya.

Guide to Understanding Introvert 5
Remember It!
  • Hargai ruang pribadinya
  • Energi yang terbatas
  • Efisiensi penggunaan energi
  • Jangan anggap saat diamnya sebagai keangkuhan atau hinaan terhadap anda
  • Introvert juga bisa kesepian

One thought on “Cara Memahami Introvert

  1. Benar itu, daripada membuang energi percuma hanya utk membicarakan sesuatu yg tdk bermanfaat bagi kita, lebih baik energi dihemat utk melakukan sesuatu hal yg lebih berguna, ingatlah perbuatan kecil lebih berharga daripada omongan besar🙂

    Suka

Ada yang ingin Anda sampaikan? (minimal sertakan nama Anda)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s