Program Wajib Untuk Windows

Tampilan Antar Muka Windows 10

Untuk memudahkan kita dalam menggunakan komputer, tentunya kita akan membutuhkan beraneka ragam program. Tetapi karena tidak semua perangkat lunak yang kita butuhkan disediakan oleh Windows, akhirnya kita harus menginstal program yang disediakan oleh pihak ketiga. Sebagian orang mungkin akan bingung program apa saja yang harus diinstal pada Windows mereka. Untuk itu, pada artikel ini akan disebutkan program apa saja yang baiknya Anda instal pada Windows Anda.

Virus Komputer

Antivirus

Tentunya kita sudah paham dengan berbagai virus dan malware yang mengancam Windows kita, apabila tidak ada satupun antivirus yang terinstal. Windows sendiri sudah menyediakan program antivirus, di antaranya Windows Defender dan Microsoft Security Essential, namun berdasarkan sebuah riset, keduanya tidak mampu memberikan perlindungan yang maksimal bagi Windows. Maka dari itu, saya sarankan Anda menggunakan antivirus pihak ketiga. Anda bisa memilih salah satu di antara antivirus gratis terbaik* yang ada saat ini, yaitu: Avira, AVG, dan Avast!

Sebagai tambahan, setelah Anda menginstal salah satu dari antivirus di atas, Anda tidak perlu lagi menginstal antivirus lokal yang banyak tersedia saat ini, karena itu justru akan memperlambat kinerja Windows Anda. Namun jika Anda menginginkan perlindungan tambahan dari malware, spyware, adware, bloatware, dsb, Anda dapat menginstal Malwarebytes Anti-Malware, Spybot Search & DestroyShould I Remove It?Dr.Web CureIt, atau Secunia PSI.

Program Pendukung

Program Pendukung

Program pendukung adalah program yang sangat dibutuhkan untuk memudahkan Anda dalam mengakses internet. Selain itu, beberapa program maupun permainan mungkin akan membutuhkan satu atau dua dari program-program ini. Di antaranya yaitu:

Komponen Komputer

Program PemeliharaEXit

Bagi Windows, program seperti ini layaknya montir yang dapat memperbaiki berbagai kerusakan yang ada. Jadi bisa dikatakan, Windows dapat dinyatakan sehat apabila sudah terinstal program pemelihara di dalamnya, di samping menginstal program antivirus. Kecepatan dan kinerja komputer pun akan terasa lebih baik ketika kita sudah menginstal program ini. Program yang selama ini saya gunakan adalah AVG PC TuneUp, namun Anda bisa juga menggunakan program tak berbayar seperti CCleaner, PC-Wizard, atau SUMo.

Berkas Arsip

Program Pengarsip

Program pengarsip bertindak sebagai penerjemah dari berbagai format arsip yang ada di komputer anda. Program pengarsip tidak bisa dilewatkan untuk diinstal pada Windows karena tidak adanya program serupa yang disediakan oleh Windows sendiri. File Explorer pun hanya bisa membuka format arsip .zip.

Secara umum, format dengan rasio kompresi tertinggi* dipegang oleh format .7z dari 7-Zip oleh Igor Pavlov, mengalahkan format .rar dari WinRAR yang merupakan program berbayar.

Mengetik

Program Penunjang Produktivitas

Program-program yang termasuk kategori ini adalah program berupa pengolah kata, pembuat agenda, dan sejenisnya. Untuk pengolah kata, seperti yang diketahui banyak pengguna Windows yang menggunakan Microsoft Office. Tetapi jika Anda lebih memilih untuk menggunakan program tak berbayar, Anda bisa mencoba Libre Office atau Kingsoft WPS Office, keduanya dapat membaca dan menyimpan ke format Microsoft Office. Sedangkan jika Anda hanya sekadar ingin menulis dan mengetik saja, Anda bisa menggunakan WordPad atau Notepad yang telah tersedia pada Windows.

Ada satu lagi program penunjang produktivitas yang tidak boleh ditinggalkan, yaitu pembaca Pdf, contoh program yang sudah cukup banyak digunakan adalah FoxIt Reader, yang mana jauh lebih ringan daripada program milik pencipta format tersebut, Adobe Reader dari Adobe. Pastikan program sejenis ini telah tersedia pada Windows Anda.

Mengakses Internet

 Peramban Web

Program yang satu ini adalah jalan bagi Anda untuk mencari berbagai informasi yang ada di Internet melalui komputer Anda. Artikel ini pun mungkin tidak akan Anda temukan tanpa bantuan peramban web, yang jenis dan jumlahnya cukup banyak. Peramban web yang terbaik* saat ini di antaranya adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Opera. Saya sendiri lebih suka menggunakan Mozilla Firefox karena kemudahan dan berbagai kustomisasinya.

Mengunduh

Manajer Unduhan

Adakalanya pengunduh yang tersedia dalam peramban web mengalami galat, gagal mengunduh, atau kecepatan pengunduhan kurang maksimal dan stabil. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan manajer unduhan yang tersedia, seperti Internet Download Manager. Namun jika Anda ingin menggunakan program tak berbayar, Anda dapat menggunakan JDownloader. Jika Anda ingin mengunduh berkas Torrent, Anda dapat menginstal program seperti μTorrent.

Merekam Video

Pemutar Video

Umumnya Windows Media Player milik Windows tidak mampu memutar sebagian besar format video yang ada saat ini. Anda perlu menginstal berbagai codec untuk dapat memutarnya. Anda mungkin akan bingung codec apa saja yang harus diinstal mengingat jenisnya yang sangat banyak. Daripada memusingkan hal itu, lebih baik Anda mencari pemutar video yang lebih mumpuni. Anda bisa mencoba VLC Media Player. Jika Anda lebih memilih untuk menggunakan Windows Media Player, instal codec-codec penting dengan K-Lite Codec Pack.


Sumber: pengalaman pribadi dan berbagai sumber di internet|*berdasarkan informasi yang disediakan oleh makeuseof.com

Ada yang ingin Anda sampaikan? (minimal sertakan nama Anda)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s