Hewan Terjorok Di Dunia

Giraffe

Jerapah

Jerapah (Giraffa camelopardalis) atau zarafah adalah mamalia berkuku genap endemik Afrika dan merupakan spesies hewan tertinggi yang hidup di darat. Jerapah jantan dapat mencapai tinggi 4,8 sampai 5,5 meter dan memiliki berat yang dapat mencapai 1.360 kilogram. Jerapah betina biasanya sedikit lebih pendek dan lebih ringan.

Okapi
Okapi

Jerapah berkerabat dengan rusa dan sapi tetapi dari suku yang berbeda, yaitu Giraffidae, yang mencakup jerapah sendiri dan kerabat terdekatnya, okapi. Habitat aslinya melingkupi area dari Chad sampai dengan Afrika Selatan.

Leopard
Macan Tutul

Nama spesiesnya camelopardalis diambil dari nama latinnya, karena dianggap sebagai bastar unta (camel) dan macan tutul (leopard). Nama camelopardalis dipakai oleh Plinius senior dalam ensiklopedia yang ditulisnya. Nama ini juga dipakai sebagai nama salah satu rasi bintang. Nama “jerapah” sendiri dipinjam dari nama hewan ini dalam bahasa Arab (الزرافة, zirafah). Mereka menggunakan lidahnya yang panjang untuk membersihkan kotoran pada hidungnya.

Cow

Sapi

Sapi adalah anggota familia Bovidae dan subfamilia Bovinae. Sapi dipelihara terutama untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai bahan pangan. Hasil sampingan seperti kulit, jeroan, dan tanduknya juga kemudian dimanfaatkan. Di sejumlah tempat, sapi juga dipakai untuk membantu bercocok tanam, seperti menarik gerobak atau membajak.

Bos primigenius
Bos primigenius

Sapi ternak saat ini merupakan keturunan dari jenis liar yang dikenal sebagai Auerochse atau Urochse (sapi kuno, Bos primigenius) yang sudah punah di Eropa sejak 1627. Meski banyak jenisnya tetapi umumnya digolongkan menjadi satu spesies saja. Para sapi bisa mengeluarkan setengah galon gas dalam 1 menit.

Hippopotamus

Kuda Nil

Kuda nil (Hippopotamus amphibius) atau hippo (ἱπποπόταμος, hippopotamos) adalah mamalia dari keluarga Hippopotamidae yang berukuran besar, herbivora, dan berasal dari Afrika sub-Sahara. Kuda nil adalah hewan darat terbesar ketiga setelah gajah dan badak putih. Mereka akan saling melemparkan campuran urin dan feces satu sama lain dengan menggunakan putaran ekor yang akan melemparkan gumpalan itu untuk menandai wilayah mereka.

Wolf

Serigala

Serigala adalah binatang mamalia dan karnivora. Serigala abu-abu mempunyai asal-usul yang sama dengan anjing luar negeri dari keluarga Canis Lupus melalui bukti pengurutan DNA dan penyelidikan genetika. Beberapa jenis anjing juga memiliki bentuk fisik yang mirip dengan serigala, contohnya anjing jenis Siberian Husky dan Samoyed. Secara umum, serigala mempunyai tinggi sekitar 60 cm sampai 80 cm (26-32 inci) dan berat sekitar 23-59 kilogram. Serigala sering berburu di malam hari dan melolong pada malam hari. Hewan ini akan menyimpan daging yang telah membusuk beberapa hari walaupun sudah membusuk dan mereka memberikan bangkai tersebut kepada anak-anak mereka yang kelaparan. Serigala ini juga memakan makanan yang telah dimuntahkan, jika makanannya telah habis.

Himalayan Tahr
Tahr Himalaya

Tahr

Tahr terdiri dari tiga spesies dari besar ungulata Asia yang berkerabat dengan kambing liar. Sampai saat ini, tiga spesies yang diyakini berkerabat dekat akan ditempatkan dalam satu genus tunggal, Hemitragus. Namun, Studi genetika telah membuktikan bahwa ketiga tahr tersebut tidak berkerabat erat. Sekarang mereka dianggap sebagai tiga genera monotypic terpisah: Hermitragus dicadangkan untuk Tahr Himalaya, Nilgiritragus untuk Tahr Nilgiri, dan Arabitragus untuk Tahr Arab.

Nilgiri Tahr
Tahr Nilgiri

Sementara Tahr Arab dari Oman dan Tahr Nilgiri dari India Selatan, keduanya memilika rentang kecil dan dianggap langka, Tahr Himalaya masih relatif baik di Himalaya dan telah diperkenalkan ke Alpen selatan, Selandia Baru. Dimana mereka dianggap hama dan diburu. Ada juga populasi di Gunung Meja, Afrika Selatan yang berawal dari sepasang Tahr yang melarikan diri dari sebuah kebun binatang di tahun 1930-an, tetapi kini sebagian besar telah dimusnahkan. Ketika Tahr betina ingin memberikan tanda bahwa mereka sedang ingin kawin, mereka akan mengencingi sang jantan.Arc

Koala

Koala

Koala (Phascolarctos cinereus) adalah salah satu binatang berkantung (marsupial) khas dari Australia dan merupakan wakil satu-satunya dari keluarga Phascolarctidae. Pada umumnya, banyak dikatakan bahwa kata koala berasal dari bahasa Australia pribumi yang berarti tidak minum. Koala sebenarnya minum air tetapi sangat jarang karena makanannya (daun ekaliptus) sudah mengandung cukup air sehingga koala tidak perlu turun dari pohon untuk minum.

Eucalyptus
Ekaliptus

Koala dapat ditemukan di sepanjang pesisir timur Australia mulai dari Adelaide sampai ke Semenanjung Cape York dan jauh ke pedalaman karena adanya curah hujan yang cukup untuk mendukung hutan yang cocok bagi koala. Para bayi Koala akan memakan bekas kunyahan ibunya untuk mendapatkan bakteri special yang dapat melepaskan racun.

Sea Cucumber

Teripang

Teripang atau trepan/timun laut adalah istilah yang diberikan untuk hewan invertebrata Holothuroidea yang dapat dimakan. Ia tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut sampai laut dalam terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat.

Holothurians
Holothurians

Di dalam jurnal-jurnal internasional, istilah trepang atau beche-de-mer tidak pernah dipakai dalam topik-topik keanegaragaman, biologi, ekologi maupun taksonomi. Dalam subjek-subjek ini, terminologi yang dipakai untuk menggambarkan kelompok hewan ini adalah sea cucumbers atau holothurians. Kelompok timun laut yang ada di dunia ini lebih dari 1200 jenis.

Teripang adalah hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasiran maupun dalam lingkungan terumbu. Teripang merupakan komponen penting dalam rantai makanan di terumbu karang dan ekosistem asosiasinya pada berbagai tingkat struktur pakan (trophic levels). Teripang berperan penting sebagai pemakan deposit (deposit feeder) dan pemakan suspensi (suspensi feeder). Di wilayah Indo-Pasifik pada daerah terumbu yang tidak mengalami tekanan eksploitasi, kepadatan teripang bisa lebih dari 35 ekor per m2. Dimana setiap individunya bisa memproses 80 gram berat kering sedimen setiap harinya. Hewan ini bisa memproses bangkai sebanyak 136 kg tiap tahunnya.

Beberapa spesies teripang yang mempunyai nilai ekonomis penting diantaranya: teripang putih (Holothuria scabra), teripang koro (Microthele nobelis), teripang pandan (Theenota ananas), teripang dongnga (Stichopu ssp) dan beberapa jenis teripang lainnya.

Hagfish

Hagfish

Hagfish adalah ikan purba pemakan bangkai yang dipercaya memiliki hubungan dengan mahluk vertebrata tertua yang pernah ada. Mereka suka memakan bangkai hewan, Hagfish akan memasuki tubuh sang bangkai, dan memakannya dari dalam. Bila ada bangkai di dasar laut, maka ia akan mencari lubang di bangkai itu dan langsung memakannya. Saat makan Hagfish tak hanya memakan makanan dari mulutnya, tetapi dari kulit dan insangnya.

Mereka akan mengeluarkan kotoran yang tebal dan panjang saat diganggu. Hagfish memiliki organ tubuh mirip taring yang berguna untuk mengeksplorasi lingkungannya. Hagfish mempunyai mekanisme molekuler pada jaringan kulitnya sehingga mampu memindahkan asam amino. Sistem pencernaan Hagfish merepresentasikan sebuah transisi antara sistem yang digunakan oleh hewan invertebrata air lain seperti cacing, dengan vertebrata yang memiliki sistem pencernaan khusus seperti manusia.

Heriang

Burung Heriang

Burung ini merupakan karnivora tingkat satu. Makanan mereka adalah daging. Mereka akan melahap bangkai binatang sebanyak mungkin. Sistem pencernaan mereka mengandung asam khusus yang dapat melumatkan apapun termasuk bakteri anthrax. Mereka akan memanfaatkan uap dari bangkai hewan untuk mendinginkan aliran darah pada pembuluh darah di kulit kaki mereka.

Fly

Lalat

Lalat adalah jenis serangga yang berasal dari sub-ordo Cyclorrapha ordo Diptera. Secara morfologi lalat dibedakan dari nyamuk (sub-ordo Nematocera) berdasarkan ukuran antenanya, lalat berantena pendek, sedangkan nyamuk berantena panjang. Lalat umumnya mempunyai sepasang sayap asli serta sepasang sayap kecil yang digunakan untuk menjaga stabilitas saat terbang. Lalat sering hidup diantara manusia dan sebagian jenisnya dapat menyebabkan penyakit yang serius. Lalat disebut penyebar penyakit yang sangat serius karena setiap lalat hinggap di suatu tempat, kurang lebih 125.000 kuman yang jatuh ke tempat tersebut. Lalat akan memuntahkan enzim dan air liur untuk mengubah makanan menjadi lembut agar mudah dihisap oleh mulut mereka. Mereka juga senang bertelur di bangkai binatang yang nantinya telur itu akan menetas dan menjadi belatung.

Ormia ochracea
Ormia ochracea

Lalat sangat mengandalkan penglihatan untuk bertahan hidup. Mata majemuk lalat terdiri atas ribuan lensa dan sangat peka terhadap gerakan. Beberapa jenis lalat memiliki penglihatan tiga dimensi yang akurat. Beberapa jenis lalat lain, misalnya Ormia ochracea, memiliki organ pendengaran yang sangat canggih.

One thought on “Hewan Terjorok Di Dunia

  1. Fly itu bukannya terbang ya artinya terus kalau mentega terbang(butterfly) juga nama hewan dan naga terbang(dragonfly) ternyata serangga bukannya naga…cepek dech🙂

    Suka

Ada yang ingin Anda sampaikan? (minimal sertakan nama Anda)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s