Hewan Tercepat Di Dunia

Arctic Fox
Rubah Kutub

Rubah

Rubah adalah karnivora kecil. Terdapat 27 spesies rubah termasuk anggota terkecil famili Canidae (mamalia yang berhubungan dengan anjing. Mereka adalah hewan omnivora, dan pelari cepat, serta tangkas.

Rubah dapat ditemui di semua benua, hidup di hutan, semak-semak dan padang pasir. Kebanyakan rubah makan tikus, vole, kelinci, telur burung, serangga besar dan daging bangkai. Di Britania Raya, terdapat olahraga umum untuk berburu rubah dengan kuda dan anjing.

Koyote

Koyote (Canis latrans, “anjing yang menggonggong”, serigala prairie) adalah anggota dari keluarga Canidae (anjing) dan kerabat dekat dari Serigala abu-abu. Ada 19 subspesies koyote yang diakui (Voigt dan Berg, 1999). Koyote adalah binatang asli Amerika Utara dan ditemukan dari Alaska hingga Panama. Para penjelajah Eropa pertama kali menemukan jenis anjing ini dalam perjalnaan mereka di daerah Amerika barat daya. Mereka kadang-kadang bergerombol dalam sebuah kawanan kecil, tetapi umumnya mereka berburu sendirian. Masa hidup koyote rata-rata 6 hingga 10 tahun. Kata “koyote” dipinjam dari bahasa Spanyol Meksiko, yang pada gilirannya meminjam istilahnya dari bahasa Nahuatl (Aztek) coyōtl (ˈkojoːtɬ]).

Nahuatl
Nahuatl

Koyote tampak sangat mirip dengan serigala merah yang terancam punah. Ukurannya, warna, dan bentuk kepala keduanya sama.

Meskipun diburu besar-besaran, koyote adalah salah satu dari segelintir binatang yang berukuran menengah hingga besar yang berhasil meningkatkan penyebarannya sejak manusia mulai merambah lingkungannya (binatang lainnya adalah rakun). Mulanya koyote menyebar terutama di bagian barat Amerika Utara, namun ia cepat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang disebabkan oleh pendudukan manusia, dan sejak akhir abad ke-19, dengan tetap berhasil memperluas daerah penyebarannya. Kini koyote sering terlihat di California, Oregon, New England, dan Kanada timur. Koyote telah pindah ke kebanyakan wilayah Amerika Utara yang tadinya dikuasai oleh serigala, dan seringkali terlihat mencari makan di tempat-tempat sampah di daerah suburbia.

Anjing Pemburu Afghanistan (Afghan Hound)

Afghan Hound adalah salah satu jenis anjing pemburu dari Afganistan yang mengandalkan kecepatan dan penglihatan. Di dalam sejarah, anjing ini dipercaya telah ada sejak zaman Mesir kuno dan lukisannya ditemukan di dalam suatu gua di Afganistan sekitar 4000 tahun yang lalu. Dulunya anjing ini dimanfaatkan sebagai anjing gembala dan pemburu hewan, seperti macan tutul (leopard), marmut, dan serigala. Namun, ketika disebarkan di Negara Barat pada abad ke-19, Afghan Hound menjadi binatang peliharaan mewah dan sering disebut sebagai “raja anjing”.Ciri-ciri fisik dari anjing ini adalah tulang panggul menonjol, bertubuh tinggi dan ramping, kepala panjang, bulu di sekitar kepala (jambul) panjang dan halus, serta mata gelap oval. Umumnya, anjing ini dapat hidup berdampingan dengan baik bersama hewan peliharaan lainnya.

Rusa Besar

Rusa besar (Alces alces) merupakan salah satu spesies rusa yang hidup di hutan boreal dan daun lebar campuran sedang, dari Norwegia sampai Kanada sepanjang arah ke timur. Rusa besar merupakan rusa yang berukuran paling besar dan paling khas bila dilihat dari tandungnya yang palmate, sementara spesies yang lain berbentuk seperti ranting. Rusa besar yang tumbuh dewasa jarang memiliki musuh, namun sekawanan serigala masih dapat menunjukkan ancaman, khususnya pada betina dengan anaknya.

Horse

Kuda

Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Hewan ini telah lama menjadi salah satu hewan ternak yang penting secara ekonomis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang, serta barang selama ribuan tahun. Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak. Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.Arc

Kuda berevolusi hingga menjadi kuda yang seperti sekarang ini. Mulai dari perubahan jarinya yang sekarang hanya tinggal satu akibat dari seleksi alam.

Singa

Singa (Siṃha, Panthera leo) adalah seekor hewan dari keluarga felidae atau jenis kucing. Singa merupakan hewan yang hidup dalam kelompok. Biasanya terdiri dari seekor jantan dan banyak betina. Kelompok ini lantas menjaga daerah kekuasaannya. Berat Singa kurang lebih antara 150 kg (betina) dan 225kg (jantan). Umurnya antara 10 sampai 15 tahun di hutan. Tetapi jika dipelihara bisa sampai 20 tahun.

Singa betina jauh lebih aktif dalam berburu, sedangkan Singa jantan lebih santai dan selalu bersikap menunggu dan meminta jatah dari hasil buruan para betinanya.

Singa jantan dipercaya lebih unggul dan perkasa dibandingkan dengan kucing-kucing besar lainnya, tetapi kelemahan singa ialah tidak bisa memanjat pohon sebagus kucing-kucing besar lainnya.

Singa jantan di tumbuhi bulu tebal disekitar tengkuknya, hal ini lebih menguntungkan untuk melindungi tengkuknya, terutama dalam perkelahian bebas antara kucing besar, yang terkenal dengan selalu menerkam tengkuk untuk melumpuhkan musuhnya.

Leopard
Macan Tutul

Kucing besar lainnya, seperti Cheetah dan Macan Tutul memiliki ukuran tubuh jauh lebih kecil dibanding Singa.

Singa juga sama saja dengan Harimau, walaupun berasal dari keluarga yang sama, Singa suka untuk berenang, berbeda dengan kucing yang takut dengan air, apalagi berenang.

Singa yang terkenal di dunia adalah Bongo, bintang film George. Bongo adalah singa paling jinak. Sayangnya, Bongo meninggal karena sakit paru-paru. Singa kedua yang paling jinak di dunia adalah Zamba peliharaan Ralph Helfer.

Wildebeest

Rusa Kutub

Rusa Kutub (Rangifer tarandus) juga dikenal sebagai karibu di Amerika Utara adalah rusa dari Arktik dan sub-Arktik. Beberapa spesies telah punah. Rusa Kutub memiliki warna dan ukuran yang bervariasi. Kedua jenis kelamin dari mereka tumbuh tanduk dan biasanya lebih besar pada laki-laki. Ada beberapa populasi dimana perempuan tidak memiliki tanduk yang utuh.

Santa Claus
Ilustrasi Santa Claus

Rusa ini diburu untuk diambil daging, kulit, susu, dan tanduknya, serta digunakan sebagai transportasi oleh penduduk Arktik dan sub-Arktik. Rusa ini sering dikatakan sebagai rusa terbang yang ditarik oleh Santa Claus.

Antelop

Antelop adalah mamalia yang bentuknya menyerupai kambing dengan tanduk tegak lurus ke atas. Binatang ini mirip kijang tetapi bukan kijang. Ia termasuk jenis sapi. Hewan ini merupakan anggota dari famili bovidae dan termasuk hewan yang terancam punah. Antelop tersebar di Afrika, Asia, dan Timur Tengah. Mereka hidup berkelompok serta berpindah-pindah untuk mencari makanan. Salah satu antelop yang masih hidup yakni A. cervicapra ditemukan di Pakistan dan India dari wilayah Punjab-Sind hingga Bengal-Tanjung comorin.

Cheetah

Cheetah atau citah (Chitraka, “berbintik”, Acinonyx jubatus) adalah anggota keluarga kucing (Felidae) yang berburu mangsa dengan menggunakan kecepatan dan bukan taktik mengendap-endap atau bergerombol. Hewan ini adalah hewan yang tercepat di antara hewan darat dan dapat mencapai kecepatan 110 km/jam dalam waktu singkat sampai 460 m, dengan akselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 3,5 detik, lebih cepat dari beberapa supercar. Konon, selama bertahun-tahun Cheetah hanya dikenal sebagai cerita hantu. Menurut cerita, binatang pemangsa besar dengan garis-garis mirip macan ditubuhnya ini sering membawa kabur orang-orang yang berada di perbatasan Mozambique. Penduduk sering memberi julukan “magwa”. Cerita atau isu adanya Cheetah terbukti kebenarannya ketika Paul dan Lena Bottriel berhasil memotretnya pada tahun 1975.

One thought on “Hewan Tercepat Di Dunia

  1. Hewan yg lebih cepat dari coyote itu road runner, ada serial filmnya lho, wile e coyote atau the road runner show, bagus sekali filmnya🙂

    Suka

Ada yang ingin Anda sampaikan? (minimal sertakan nama Anda)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s