Kuil Terunik Di Dunia

Paro Taktsang

7. Paro Taktsang

Paro Taktsang (spa phro stag tshang / spa gro stag tshang) adalah nama populer dari Biara Taktsang Palphug (juaga dikenal sebagai Sarang Harimau). Sebuah tempat terkemuka dari situs suci Buddha di Himalaya, terletak di tebing bagian atas lembah Paro, Bhutan. Sebuah kompleks candi yang pertama kalli dibangun pada 1692, di sekitar Taktsang Senge Samdup (stag tshang seng ge bsam grub), yaitu sebuah gua dimana Guru Padmasambhava dikatakan telah bermeditasi selama tiga bulan pada abad ke-8. Padmasambhava dihargai dengan memperkenalkan Buddhisme ke Bhutan dan merupakan dewa yang mengawasi sebuah negara. Saat ini, Paro Taktsang adalah yang paling terkenal dari ketiga belas Taktsang atau gua “sarang macan” dimana dia bermeditasi.

Padmasambhava
Padmasambhava

Para Guru mTshan-brgyad Lhakhang, sebuah kuil yang dikhususkan untuk para Padmasambhava(juga dikenal sebagai Gu-ru mTshan-brgyad Lhakhang, “Kuil Guru dengan Delapan Nama”) adalah sebuah struktur elegan yang dibangun di sekitar gua pada 1692 oleh Gyalse Tenzin Rabgye. Dan telah menjadi ikon budaya Bhutan. Sebuah festival populer yang dikenal sebagai Tsechu, diadakan untuk menghormati Padmasambhava dan dirayakan di lembah Paro. Kadang-kadang selama Bulan Maret atau April.

Wat Rong Khun

6. Wat Rong Khun

Wat Rong Khun adalah candi Buddha dan Hindu di Chiang Rai, Thailand yang tidak biasa namun modern. Ini dirancang oleh Chalermchai Kositpipat. Konstruksi dimulai pada 1997.

Candi Prambanan

5. Candi Prambanan

Candi Rara Jonggrang atau Lara Jonggrang yang terletak di Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini terletak di pulau Jawa, kurang lebih 20 km timur Yogyakarta, 40 km barat Surakarta dan 120 km selatan Semarang, persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Rara Jonggrang terletak di desa Prambanan yang wilayahnya dibagi antara kabupaten Sleman dan Klaten.

Candi ini dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi oleh salah seorang dari kedua orang ini, yakni: Rakai Pikatan, raja kedua wangsa Mataram I atau Balitung Maha Sambu, semasa wangsa Sanjaya. Tidak lama setelah dibangun, candi ini ditinggalkan dan mulai rusak.

Shwedagon

4. Shwedagon

Shwedagon (Shwedagon Zedi Daw) juga dikenal dengan julukan Pagoda Emas. Yaitu sebuah stupa atau pagoda setinggi 98 meter (321,5 kaki) yang berlapis emas dan terletak di Yangon, Myanmar. Pagoda ini terletak di bagian barat Danau Kandawgyi, di bukit Singuttara, dan mendominasi pemandangan kota Yangon. Stupa buddhis ini adalah yang paling suci bagi bangsa Birma karena menyimpan relik Buddha terdahulu, yaitu tongkat Kakusandha, saringan air Konagamana, sepotong jubah Kassapa, dan delapan helai rambut Siddharta Gautama, Buddha historis.Arc

Temple of Heaven

3. Temple of Heaven

Secara harfiah juga disebut sebagai altar surga, yaitu sebuah kompleks bangunan Tao yang terletak di bagian tenggara dari pusat kota Beijing. Kompleks ini dikunjungi oleh Kaiser Ming dan dinasti Qing untuk upacara tahunan do’a ke Surga untuk panen yang baik.

Sahib Harmandir

2. Sahib Harmandir atau Darbar Sahib

Kuil ini juga disebut sebagai Kuil Emas, sebuah Sikh Gurdwara terkemuka yang terletak di kota Amritsar, Punjab (India). Pembangunan Gurdwara dimulai oleh Guru Ram Das, Guru Sikh keempat, dan diselesaikan oleh penerusnya (Guru Arjan Dev.) pada 1604. Guru arjan Dev. menyelesaikan Adi Granth, sebuah kitab suci Sikhisme, dan memasangnya di Gurdwara. Pada tahun 1634. Selama abad kedelapan belas, Sahib Harmandir adalah situs yang paling sering digunakan dalam pertempuran antara Sikh dan Mughal atau pasukan Afghanistan. Gurdwara sesekali mengalami kerusakan. Pada awal; abad kesembilan belas, Maharaja Ranjit Singh Punjab mengamankan wilayah dari serangan luar dan menutupi lantai atas dengan emas yang memberikan penampilan khas.

Angkor Wat

1. Angkor Wat

Angkor Wat (អង្គរវត្ត) adalah sebuah kuil atau candi yang terletak di kota Angkor, Kamboja dan dianggap sebagai salah satu dari keajaiban dunia. Ini dibangun oleh Raja Suryavarman II pada pertengahan abad ke-12. Pembangunan kuil Angkor Wat memakan waktu selama 30 tahun. Angkor Wat terletak di dataran Angkor yang juga dipenuhi bangunan kuil yang indah, tetapi Angkor Wat merupakan kuil yang paling terkenal di dataran Angkor. Raja Suryavarman II memerintahkan pembangunan Angkor Wat menurut kepercayaan Hindu yang meletakkan gunung Meru sebagai pusat dunia dan merupakan tempat tinggal dewa-dewi Hindu, dengan itu menara tengah Angkor Wat adalah menara tertinggi dan merupakan menara utama dalam kompleks bangunan Angkor Wat.

Sebagaimana mitologi gunung Meru, kawasan kuil Angkor Wat dikelilingi oleh dinding dan terusan yang mewakili lautan dan gunung yang mengelilingi dunia. Jalan masuk utama ke Angkor Wat yang sepanjang setengah kilometer dihiasi pagar susur pegangan tangan dan diapit oleh laut buatan manusia yang disebut sebagai Baray. Jalan masuk ke kuil Angkor Wat melalui pintu gerbang, mewakili jambatan pelangi yang menghubungkan antara alam dunia dengan alam dewa-dewa. Angkor Wat berada dalam keadaan yang baik dibandingkan dengan kuil lain di dataran Angkor disebabkan Angkor Wat telah dialihfungsikan menjadi kuil Buddha dan dipelihara serta digunakan secara terus menerus ketika agama Buddha menggantikan agama Hindu di Angkor pada abad ke-13. Kuil Angkor pernah dijajah oleh Siam pada tahun 1431.

Nama modern Angkor Wat, berarti “Kuil Kota”. Angkor adalah bentuk perubahan dari kata នគរ nokor yang berasal dari kata नगर nagara dalam bahasa Sansekerta yang berarti ibu kota atau negara. Wat adalah istilah dalam bahasa Khmer untuk kuil atau candi. Sebelumnya nama asli candi ini adalah Preah Pisnulok atau Vishnuloka(tempat dewa Wishnu bersemayam). Berdasarkan nama anumerta raja pembangunnya, Suryawarman II.

Ada yang ingin Anda sampaikan? (minimal sertakan nama Anda)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s