10 Penyakit Teraneh di Dunia

Kaki Gajah

10. Kaki Gajah

Kaki Gajah adalah penyakit yang ditandai dengan penebalan jaringan kulit dan dibawahnya, terutama di kaki dan alat kelamin laki-laki. Dalam beberapa kasus penyakit ini dapat terjadi di bagian tubuh tertentu seperti skrotum, membengkak ke ukuran softball atau basket. Penyakit ini disebabkan oleh filariasis atau podoconiosis.

Progeria

9. Progeria

Progeria juga dikenal dengan nama “Sindrom Hutchinson-Gilford Progeria” dan “Sindrom Progeria”, adalah kondisi genetik yang sangat jarang. Dimana gejala menyerupai aspek penuaan yang terjadi di usia dini. Kata Progeria berasal dari kata Yunani “Pro(πρό)” berarti “sebelum” dan “geras(γῆρας)” berarti “Tua”. Kelainan ini jarang sekali terjadi dan diperkirakan terjadi pada setiap 1 orang per 8 juta kelahiran. Mereka yang terlahir dengan Progeria biasanya hidup pada usia remaja pertengahan dan awal dua puluhan. Ini adalah suatu kondisi genetik yang terjadi sebagai mutasi(de novo) dan tidak terwariskan. Istilah Progeria berlaku kepada semua penyakit dengan ditandai gejala penuaan dini, sering juga diterapkan secara khusus dan mengacu kepada Sindrom Hutchinson-Gilford Progeria.

Jonathan Hutchinson
Jonathan Hutchinson

Para ilmuwan sangat tertarik pada Progeria karena dapat mengungkapkan petunjuk tentang proses normal dari penuaan. Progeria pertama kali dijelaskan pada tahun 1886 oleh Jonathan Hutchinson. Hal ini juga dijelaskan secara independen pada tahun 1897 oleh Hastlings Gilford. Kondisi inilah kemudian dinamakan Sindrom Hutchinson-Gilford Progeria(HGPS).

Hypertrichosis

8. Hypertrichosis

Hypertrichosis juga disebut Sindrom Ambras adalah jumlah yang abnormal dari pertumbuhan rambut pada tubuh. Kasus ekstensif Hypertrichosis telah informal setelah disebut Sindrom Werewolf. Ada dua jenis Hypertrichosis:

  • Hypertrichosis umum(terjadi di seluruh tubuh)
  • Hypertrichosis(terbatas pada wilayah tertentu)
Julia Pastrana
Julia Pastrana

Hypertrichosis bisa terjadi karena bawaan(sejak lahir) atau diperoleh atau diperoleh dikemudian hari. Pertumbuhan rambut terjadi kelebiihan pada wilayah kulit dengan pengecualian rambut androgen(wilayah wajah, daerah kemaluan, dan daerah ketiak. Beberapa artis tontonan sirkus di abad ke-19 dan awal abad ke-20, seperti Julia Pastrana memiliki Hypertrichosis. Banyak dari mereka bekerja sebagai orang aneh dan dipromosikan sebagai orang yang memiliki sifat manusia dan hewan yang berbeda.

Pica

7. Pica

Pica adalah gangguan medis yang ditandai oleh nafsu makan untuk sebagian besar zat non-gizi(misalnya, logam, tanah liat, batu bara, pasir, debu, tanah, kotoran, kapur tulis, pena, pensil, kertas, baterai, sendok, sikat gigi, sabun, lendir, abu, balsem gusi, bibir, dll. Bisa juga nafsu makan normal untuk bahan makanan(misalnya tepung, kentang mentah, beras mentah, pati, es batu, garam). Nama kondisi ini berasal dari kata Latin untuk murai, seerkor burung yang terkenal memakan segalanya. Pica ini terjadi pada segala usia terutama pada wanita hamil, anak kecil, dan mereka dengan perkembangan yang cacat. Pica lebih sering terjadi pada wanita dan anak-anak. Pica pada anak-anak(biasanya hanya pada anak-anak dengan autisme atau gangguan mental/gangguan lain) mungkin berbahaya. Jika anak memakan plester bercat yang mengandung timah, maka akan dapat menimnulkan kerusakan otak dari keracunan timah. Ada risiko yang sama dari memakan debu di dekat jalan yang ada sebelum penghapusan timbal tetra-etil di bensin(pada beberapa negara) atau sebelum penghentian penggunaan munyak terkontaminasi(baik digunakan yang mengandung PCB beracun/dioxin) untuk mengatasi debunya. Selain keracunan, ada juga resiko yang jauh lebih banyak, yaitu obstruksi gastro-intestinal atau robek di perut. Hal ini juga berlaku pada hewan. Risiko lain dari memakan kotoran adalah kemungkinan menelan kotoran hewan dan parasit yang menyertainya. Pica juga dapat ditemukan pada hewan dan ini paling sering ditemukan pada anjing.Arc

Porphyria

6. Porphyria

Porphyrias adalah kelompok yang diwariskan atau diperoleh dari gangguan enzim tertentu di jalur bio-sintetik heme(juga disebut jalur porfirin). Mereka secara luas diklasifikasikan sebagai Porphyrias Hati dan Porphyrias Kulit(erytoipoietic), didasarkan lokasi kelebihan produksi dan akumulasi dari porfirin(atau kimia prekursor). Mereka terjadi akibat komplikasi neurologis atau masalah kulit(kadang-kadang keduanya). Sedangkan kondisi klinis dan induksi histologis identik disebut pseudoporphyria. Pseudoporphyria ditandai dengan serum normal dan tingkat porfirin urin.

Pseudoporphyria
Pseudoporphyria

Istilah ini berasal dari porphyria(πορφύρα) yang berarti “pigmen ungu”. Nama ini kemungkinan telah merujuk pada perubahan warna ungu tinja dan urine pada pasien selama serangan terjadi. Walaupun deskripsi asli dikaitkan dengan Hippocrates, penyakit ini pertama kali dijelaskan secara biokimia oleh Felix Hoppe-Seyler pada tahun 1874, dan porphyria akut digambarkan oleh dokter Belanda bernama Barend Stokvis pada tahun 1889.

Barend Stokvis
Barend Stokvis

Prevalensi dari semua jenis porifiria diambil bersama-sama oleh sekitar 1 dari 25.000 di Amerika Serikat. Prevalensi di seluruh dunia telah memperkirakan terjadi diantara 1 dalam 500 banding 1 dalam 50.000 orang.

Sindrom Alice In Wonderland

5. Sindrom Alice in Wonderland

Sindrom Alice in Wonderland(AIWS, dinamai berdasarkan novel yang ditulis oleh Lewis Caroll) juga dikenal sebagai Sindrom Todd. Yaitu suatu kondisi disorientasi saraf yang mempengaruhi persepsi manusia. Penderita mungkin mengalami micropsia, macropsia, atau distorsi ukuran modalitas lainnya. Kondisi sementaranya sering dikaitkan dengan mingrain, tumor otak, dan penggunaan obat-obatan psikoaktif. Hal ini juga dapat hadir sebgai tanda awal dari Virus Epstein-Barr. Laporan anekdotal menunjukkan bahwa gejala AIWS cukup sering terjadi pada masa kanak-kanak dengan banyak mengalaminya di usia remaja. Tampaknya AIWS juga pengalaman umum saat permulaan tidur.

Garis Blaschko

4. Garis Blaschko

Garis Blaschko juga disebut sebagai Garis dari Blaschko adalah garis kulit yang tidak kelihatan dalam kondisi normal. Mereka menjadi jelas ketika beberapa penyakit kulit atau mukosa menampakkan diri menurut pola-pole ini. Mereka mengikuti “V” bentuk atas belakang, “S” berbentuk whorls atas perut, dada, dan sisi, serta bentuk gelombang di kepala.

Alfred Blaschko
Alfred Blaschko

Garis dipercaya dapat melacak migrasi sel embrio. Garis tersebut adalah henis mosaicism genetik. Mereka tidak sesuai dengan sistem saraf , oto, atau limfatik. Garis dapat diamati pada hewan seperti kucing dan anjing. Dermatolog Jerman, Alfred Blaschko dikreditkan untuk demonstrasi pertama dari garis ini pada tahun 1901.

Ilustrasi Khayalan Cotard
Hanya Ilustrasi

3. Khayalan Cotard

Khayalan Cotard atau Sindrom Cotard/Sindrom Mayat Berjalan adalah gangguan neuropsikiatri langka dimana orang memgang keyakinan delusional bahwa mereka mati(baik secara kiasan atau secara harfiah), tidak ada, membusuk, atau telah kehilangan darah mereka dan organ internalnya. Dalam kasus yang jarang terjadi, ini dapat mencakup delusi dari keabadian.

2. Jumping Frenchmen of Maine

Jumping Frenchmen of Maine adalah sebuah psikologis langka atau mungkin gangguan neurologis yang pertama kali diamati oleh George Miller Beard pada tahun 1878. Ini merupakan suatu refleks kejutan berlebihan yang dapat digambarkan sebagai lompatan yang tak terkendali, tetapi juga dapt menunjukan gerakan tiba-tiba di seluruh bagian tubuh. Walaupun berbeda dan unik kondisi ini juga berkaitan dengan gejala yang mirip dengan gangguan kejutan lainnya. Pasien dengan gangguanini pertama kali ditemukan di daerah utara Maine, maka dari itu diberi nama seperti itu.

Sindrom Rambut Uncombable

1. Sindrom Rambut Uncombable

Sindrom Rambut Uncombable juga dikenal sebagai Pili trianguli et canaliculi,rambut pintal kaca, dan Cheveux incoiffables. Ini adalah anomali langka pada struktural rambut dengan tingkat variabel efek. Ditemukan pada tahun 1970.

Ada yang ingin Anda sampaikan? (minimal sertakan nama Anda)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s