6 Tips Dalam Berolahraga

Berolahraga

Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani. Berikut ini adalah tips-tips dalam berolahraga:

Pemanasan Sebelum Berolahraga

1. Pemanasan Sebelum Berolahraga

Otot harus dipersiapkan dengan melakukan pemanasan selama 5-10 menit dengan. Untuk mencegah otot bekerja secara tiba-tiba dan menimbulkan kram.

Alas Kaki

2. Menggunakan Alas Kaki yang Sesuai

Gunakanlah alas kaki yang sesuai dengan jenis olahraga yang akan dilakukan. Misalnya Jogging menggunakan sepatu yang tidak licin sehingga terhindar dari terpeleset dan menimbulkan cedera.

3. Teratur

Olahraga yang benar dan baik untuk kesehatan adalah dengan teratur dan sesuaikan dengan kondisi tubuh.

4. Mengatur Pernafasan

Berolahraga harus sampai berkeringat dan bernafas dengan dalam. Ini dilakukan untuk menjaga pernafasan dan denyut jantung yang cepat. Jangan sampai timbul rasa tidak nyaman, usahakan denyut jantung meningkat sampai 60-90 % dari normal. Minimal 2 kali lebih cepat dari detak normal.

5. Pendinginan Setelah Berolahraga

Lakukan pendinginan terlebih dahulu sebelum minum atau makan. Hal ini untuk menghindari suhu tubuh yang panas setelah berolahraga. Selain itu juga untuk menghindari terjadinya kaku pada otot dan pusing setelah berolahraga.

Cedera

6. Mewaspadai Cedera

Jika terjadi kecelakaan saat berolahraga. Misalnya terkilir, maka jangan didiamkan dalam waktu lama. Jika dalam waktu satu minggu tidak sembuh, ada baiknya periksakan ke dokter. Karena mungkin telah terjadi sesuatu pada tulang dan otot anda.

Contoh olahraga yang mudah dilakukan:

Bersepeda

1. Bersepeda

Bersepeda adalah sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga, serta merupakan salah satu moda transportasi darat. Banyak penggemar bersepeda yang melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, misalnya bukit-bukit, medan yang terjal maupun hanya sekedar berlomba kecepatan saja. Olahraga bersepeda profesional dinamakan balap sepeda.

Balap Sepeda
Balap Sepeda

Orang yang mempergunakan sepeda sebagai moda transportasi rutin juga dapat disebut komuter. Penggunaan sepeda sebagai moda transportasi rutin tidak hanya dilakukan oleh pekerja yang bekerja di sektor non-formal, tetapi juga dilakukan oleh pekerja yang bekerja di sektor formal.

B2W
B2W

Para pekerja di sektor formal yang menggunakan sepeda sebagai moda transportasi rutin ini sebagian besar tergabung dalam komunitas pekerja bersepeda atau yang dikenal dengan nama Bike To Work Indonesia(B2W Indonesia).Arc

Push-Up

2. Push-Up

Push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep.

Tips cara Push-Up yang benar:
  1. Posisi tangan agak lebar di lantai, dan kaki bertumpu pada ujung jari sehingga tubuh bisa ditopang dengan sempurna selurus mungkin.
  2. Buang napas sambil menekukkan siku dan turunkan posisi bahu sampai tekukan siku membentuk sudut 90 derajat.
  3. Kemudian dorong bahu ke atas sambil menarik napas hingga tangan lurus, tapi pastikan posisi siku tidak terlalu kaku agar mudah ditekuk kembali.

Cobalah untuk melakukan 2 set dengan repetisi 10-12 kali tiap set-nya. Ingat, jangan luruskan sikut terlalu kaku. Usahakan posisi kepala sejajar dengan punggung, juga jangan mendongakkan kepala ke depan agar posisi tulang belakang tetap netral.

Kegiatan ini dapat dikombinasikan dengan:
  1. Mengubah jarak telapak tangan
  2. Bentuk tangan yang menyentuh lantai: membuka, mengepal, menggunakan jari, atau punggung tangan
  3. Mengubah jarak antar kaki
  4. Mengubah ketinggian letak kaki dengan menggunakan kursi atau kaki yang satu ditindihkan ke kaki yang lain

Sit-Up

3. Sit-Up

Sit-Up adalah latihan latihan kekuatan yang umum dilakukan untuk memperkuat fleksor pinggul dan otot perut.

Tips cara Sit-Up yang benar:
  1. Posisi tubuh tidur terlentang
  2. Kaki menutup/menempel satu sama lain
  3. Lutut ditekuk kurang lebih 45 derajat sehingga posisi kaki membentuk huruf V
  4. Kedua tangan menyentuh bagian belakang telinga
  5. Setelah itu gerakkan tubuh bagian atas naik turun
  6. Ketika naik: perut dan dada usahakan bisa menyentuh paha
  7. Ketika turun, jangan sampai kepala menyentuh lantai tetapi pundaklah yang menyentuh lantai.
  8. Posisi tangan/jari-jari tangan harus tetap menmpel disamping telinga.

Sebagian orang berpendapat bahwa Sit-Up bisa berbahaya akibat muatan tekan beban yang tinggi pada pinggang. Sit-Up dapat digantikan dengan Crunch dalam program-program latihan.

Pull-Up

4. Pull-Up

Gabungan latihan yang menarik tubuh bagian atas dan ditahan oleh lengan, mencengkeram sesuatu, dan menarik dengan tenaga otot.

Back-Up

5. Back-Up

Tips cara Back-Up yang benar:
  1. Posisi tubuh tidur tengkurap
  2. Posisi tubuh lurus
  3. Kaki juga lurus
  4. Posisi masing-masing tangan berada disamping, menyentuh belakang telinga masing-masing
  5. Kemudian gerakan tubuh bagian atas naik dan turun
  6. Ketika naik, posisi tubuh harus naik maksimal

Ada yang ingin Anda sampaikan? (minimal sertakan nama Anda)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s