10 Hewan Terindah di Dunia

Kupu-Kupu Monarch Jantan
Kupu-Kupu Monarch Jantan

10. Kupu-Kupu Monarch

Kupu-Kupu Monarch adalah kupu-kupu milkweed, sub-famili dari keluarga Nymphalidae. Kupu-Kupu ini paling terkenal dari semua kupu-kupu di Amerika Utara. Sejak abad ke-19 hewan ini ditemukan di Selandia Baru dan sejak tahun 1871 di Australia, mereka disebut Wanderer. Di Eropa mereka tinggal di Kepulauan Canary, Azores, dan Madeira, serta sesekali ditemukan di Eropa Barat. Ciri-ciri sayapnya mudah dikenali, berpola jingga dan hitam dengan lebar sayap 8.9-10.2 cm(3,5-4 inci). Kupu-kupu The Viceroy juga memiliki ukuran, warna, dan pola yang sama namun sapat dibedakan dari tambahan garis hitam di sayap belakang. Monarch betina memiliki urat-urat gelap pada sayap mereka dan pejantan memiliki tempat yang disebut “androconium” di tengah pada setiap sayap belakang, tempat dimana pheromone dilepaskan. Pejantan juga sedikit lebih besar.

Kupu-Kupu The Viceroy
Kupu-Kupu The Viceroy

Kupu-Kupu Monarch terkenal dengan migrasi ke arah selatan dan utara, untuk kemudian kembali pada musim panas dari Kanada ke Meksiko dan Baja Kalifornia yang meliputi masa hidup tiga sampai empat generasi kupu-kupu.

Ikan Layar

9. Ikan Layar

Ikan layar adalah dua jenis ikan digenus Istiophorus, tunggal di bagian yang hangat pada seluruh samudra di dunia. Mayoritas warna mereka biru ke abu-abuan dan memiliki karakteristik sirip punggung erektil atau dikenal sebagai layar yang sering membentang sepanjang punggungnya. Karakteristik penting lainnya adalah bill yang memanjang, menyerupai milik ikan tongkol dan marlins lainnya. Karena itu mereka digambarkan sebagai billfish dikalangan olahraga memancing.

Ikan Pelagis Hijau Kecil
Ikan Pelagis Hijau Kecil

Kedua jenis Ikan layar tumbuh dengan cepat, mencapai 1.2-1.5 m(4-5 kaki) panjangnya dalam satu tahun yang mencari makan di permukaan atau ditengah kedalaman untuk mencari ikan pelagis hijau kecil dan cumi. Beberapa orang telah mencatat kecepatannya hingga 110 km/jam(70 mph) dan merupakan kecepatan handal tertinggi yang dilaporkan untuk jenis ikan. Umumnya, Ikan layar tidak tumbuh lebih dari 3 meter(10 kaki) dalam panjang dan jarang memiliki berat badan lebih dari 90 kg(200 lb).

Cumi-Cumi
Cumi-Cumi

Layarnya biasanya disimpan dengan dilipat ke bawah dan ke samping saat berenang, tapi mungkin akan dinaikkan ketika ikan layar merasa terancamatau bersemangat yang membuat ikan ini terlihat lebih besar daripada ukuran sebenarnya. Taktik ini juga telah diamati selama mereka makan, ketika sekelompok ikan layar menggunakan layarnya untuk menawan sekumpulan ikan atau cumi-cumi.

Ikan layar adalah ikan pertandingan yang sangat berharga dan dikenal dengan lompatannya yang luar biasa. Mereka dapat muncul dalam sebuah susunan warna yang mengejutkan, dari cokelat tenang dan abu-abu ke ungu dinamis dan bahkan perak. Warna tubuhnya sering disorot oleh garis-garis bewarna biru dan titik perak. Ikan layar dapat mengubah warna hampir seketika, sebuah perubahan yang dikendalikan oleh sistem saraf mereka. Ikan layar ini dengan cepat dapt mengubah tubuhnya yang berwarna biru muda ke garis kekuningan ketika bersemangat. Hal ini membingungkan mangsanya dan membuatnya lebih mudah menangkapnya, sedangkan sinyalnya membuat sesama Ikan layar mendekat.

Bangau Flamingo

8. Bangau Flamingo(Phoenicopterus minor)

Bangau Flamingo adalah spesies dalam keluarga burung flamingo yang berada di Afrika(terutama di Great Rift Valley) dan di Asia Selatan.

Ikan Badut

7. Ikan Badut

Ikan Badut atau ikan anemon adalah ikan dari subfamili Amphiprioninae dalam keluarga Pomacentridae. Dua puluh delapan spesies diakui, satu di genus Premnas dan sisanya di genus Amphiprion. Di alam liar mereka semua membentuk simbiosis mutualisme dengan anemon laut. Tergantung pada spesies, ikan badut secara keseluruhan berwarna kuning, jingga, kemerahan atau kehitaman, dan menunjukkan banyak batang atau bercak putih. Yang terbesar dapat sepanjang 18 cm(7.1 inci), sementara beberapa lainnya hampir tidak bisa mencapai 10 cm(3.9 inci). Dalam budaya populer, film Finding Nemo oleh Pixar. Ikan badut menjadi karakter utama.

Temminck's Tragopan Jantan
Temminck’s Tragopan Jantan

6. Temminck’s Tragopan

Temminck’s Tragopan atau Tragopan temminckii adalah burung berukuran sedang(sekitar 64 cm) dalam genus Tragopan. Pejantanya adalah burung merah dan jingga gempal dengan bulu putih mengkilat, bill hitam, dan kaki merah muda. Ia memiliki kulit wajah biru yang telanjang, lipatan karet biru gelap, dan tanduk. Betinanya adalah burung coklat bercak putih dengan kulit mata biru yang melingkar.

Temminck’s Tragopan Betina
Temminck’s Tragopan Betina

Penampilannya menyerupai Satyr Tragopan tetapi tidak seperti spesies terakhir, ia memiliki bulu tubuh bagian atas yang bewarna merah dengan leher jingga. Diet utamanya terdiri dari buah, rumput, dan tanaman lainnnya.

Satyr Tragopan
Satyr Tragopan

Temminck’s Tragopan didistribusikan pada hutan utara Asia Selatan, timur laut India, baratlaut Vietnam, Tibet, dan provinsi-provinsi utara Cina. Meluas dan satu spesies di seluruh rentang habitat besar, Temminck’s Tragopan dievaliasi sebagai “Kurang Mengkhawatirkan” dalam daftar merah spesies yang terancam oleh IUCN.

Bobby Si Kaki Biru
Bobby si Kaki Biru

5. Bobby si Kaki Biru(Sula nebouxii)

Bobby Si Kaki Biru merupakan burung dalam keluarga Sulidae yang terdiri dari sepuluh spesies burung laut bersayap panjang. Habitat pembiakan alami dari Bobby Si Kaki Biru adalah pulau tropis dan subtropis dari Samudra Pasifik. Yang paling terkenal adalah Kepulauan Galapagos,Ekuador.Arc

Weedy Seadragon

4. Weedy Seadragon

Phyllopteryx taeniolatus, Weedy Seadragon atau Common Seadragon adalah ikan laut yang berhubungan dengan kuda laut. Ia adalah satu-satunya anggota dari genus Phyllopteryx. Ia ditemukan dalam air pada kedalaman 3 sampai 50 meter di sekitar pantai selatan Australia, di sekitar antara Port Stephens, New South Wales dan Geraldton, Australia Barat. Serta di sekitar Tasmania. Mereka diberi nama Weedy Seadragon karena tubuhnya seperti rumput, proyeksi kamuflasenya menyerupai rumput laut seperti dimana mereka biasanya ditemukan.

Phycodurus eques
Phycodurus eques

Weedy Seadragon bisa mencapai 45 cm. Mereka memakan crustacea kecil dan zooplankton lainnya dari tempat-tempat kecil seperti celah di karang. Dengan menghisapnya melalui ujung moncong panjang mereka yang seperti tabung. hampir mendapat rekor yang memungkinkan spesiesnya untuk mirip dengan gesper. Phyllopteryx berenang di terumbu dangkal, rumput laut, dan menyerupai rumput ketika bergerak melewati pasir.

Pipefish
Pipefish

Seadragon, kuda laut, dan pipefish adalah spesies yang terkenal karena pejantan membawa telur. Pejantan dari spesies membawa telur yang sudah dibuahi di bawah ekornya, dimana mereka diinkubasi selama sekitar delapan minggu. Weedy Seadragon muda dapat hidup sendiri setelah lahir, dan mulai makan segera setelahnya. Perkawinan di penangkaran jarang terjadi karena peneliti belum memahami faktor biologis apa atau lingkungan yang memicu mereka bereproduksi. Di penangkaran angka kelangsungan hidup untuk Weedy Seadragon adalah sekitar 60%.

Kuda Laut
Kuda Laut

Sebuah kerabat yang lebih samar dari Weedy Seadragon adalah seadragon berdaun, Phycodurus eques. Dalam edisi November 2006 majalah National Geographic, ahli biologi kelautan, Greg Rouse dilaporkan sebagai penyelidik variasi DNA dari dua spesies seadragon di rentang tersebut.

Greg Rouse
Greg Rouse

Aquarium dari pasifik di Long Beach, Kalifornia dan Aquarium Tennessee di Chattaniiga, Tennessee(AS), dan Aquarium Melbourne di Melbourne, Australia. Hanya Aquarium-Aquarium tersebut yang telah berhasil membesarkan Weedy Seadragon di penagkaran, meskipun kadang-kadang orang lain memberikan laporan kalau mereka bertelur. Pada Juni 2008, Aquarium Georgia di Atlanta, Amerika Serikat memiliki seadragon yang hamildan diharapkan bertelur di awal pertengahan Juli. Weedy Seadragon adalah lambang laut Negara Australia, Victoria.

Burung Dari Surga

3. Burung dari Surga

Burung dari Surga adalah anggota keluarga Paradisaeidae dari oesanan Passeriformes. Mayoritas spesies keluarga ini ditemukan di Pulau New Guinea dan satelitnya dengan beberapa spesies yang di Maluku dan Australia Timur. Keluarga itu memiliki empat puluh spesies dalam 13 genera. Para anggota keluarga ini mungkin paling dikenal karena bulu pejantan dari sebagian besar spesies. Khususnya bulu yang sangat panjang dan rumit, memanjang dari paruh, sayap atau kepala. Untuk sebagian besar dari mereka akan hidup terbatas pada habitat hutan hujan lebat. Diet dari semua spesies didominasi oleh buah dan arthropoda pada tingkat yang lebih rendah. Burung Dari Surga memiliki berbagai sistem perkembangbiakmulai dari monogami ke poligami berbasis-lek.

Keluarganya adalah budaya penting kepada penduduk New Guinea. Perdagangan kulit dan bulu Burung Dari Surga telah berlangsung selama dua ribu tahun dan burung telah cukup menarik untuk kolektor, ahli ornitologi, dan juga penulis. Sejumlah spesies terancam oleh perburuan dan hilangnya habitat.

Salmon Sockeye

2. Salmon Sockeye

Salmon Sockeye(Onchorynchus nerka) juga disebut salmon merah atau salmon blueback di Amerika serikat. Ia adalah spesies anadromous salmos yang ditemukan di Samudra Pasifik Utara dan sungai-sungai ke dalamnya. Ada juga populasi yang benar-benar terkurung oleh daratan dari spesies yang sama, yang dikenal sebagai kokanee. Salmon Sockeye adalah salmon pasifik spesies ketiga yang paling umum setelah salmon merah muda dan sohib. Nama “sockeye” adalah suatu anglicization dari sθəqəy̓, namanya dalam Halkomelem. Yaitu bahasa penduduk asli di sepanjang hilir Sungai Fraser.

Panther Chameleon Jantan
Panther Chameleon Jantan

1. Panther Chameleon

Panther Chameleon(Furcifer pardalis) adalah spesies bunglon. Ia tinggal di bagian timur dan utara Madagaskar pada sebuah biome hutan tropis. Selain itu, ia juga telah diperkenalkan kepada Réunion dan Mauritius.

Panther Chameleon Betina
Panther Chameleon Betina

Panther Chameleon jantan bisa tumbuh sampai 20 inci(50 cm), dengan panjang khas sekitar 17 inci(45 cm). Sedangkan betina umumnya jauh lebih kecil, sekitar setengah ukuran pejantan. Panther Chameleon jantan warnanya juga jauh lebih berseri daripada betina. Pewarnaan bervariasi dengan lokasi dan pola warna yang berbeda dari Panther Chameleon sering disebut sebagai ‘locales’ yang diberi nama sama terhadap lokasi geografis dimana mereka ditemukan. Panther Chameleon yang berasal dari daerah Nosy Be, Ankify, dan Ambanja biasanya berwarna biru vibrant. Sementara itu, mereka yang berasal dari Antsiranana dan Sambava berwarna merah, hijau atau jingga. Wilayah Maroantsetra dan Tamatave menghasilkan spesimen utama merah. Ada banyak tahapan warna lain dan pola berbeda antara atau di dalam daerah. Panther Chameleon betina umumnya tetap cokelat dan cokelat dengan penunjuk persik merah muda tau jingga cerah, tidak peduli mereka berasal dari daerah mana. Walaupun ada sedikt perbedaan dalam pola dan warna diantara fase warna yang berbeda.

Veiled Chameleon
Veiled Chameleon

Untuk penggemar reptil, khususnya penggemar bunglon. Panther dan Veiled Chameleon akan menjadi hewan yang menarik serta bermanfaat. Namun, mereka adalah makhluk yang rewel dan membutuhkan lingkungan tepat, serta hampir persis cermin dari hutan. Juga membutuhkan biaya yang mahal dan banyak waktu untuk menjaganya. Mereka membutuhkan cahaya pemanas yang tepat dan lembab, serta diet yang terdiri dari berbagai serangga hidup juga vitamin maupun suplemen kalsium. Makanan umum untuk bunglon seperti itu bisa berupa jangkrik, larva, ulat sutera, hornworm, kecoak dubia, mealworm, superworm, waxworm, dan butterworm.

Hornworm
Hornworm

Ketika terkubur atau membawa telur, betina berubah coklat tua atau hitam dengan garis jingga untuk menandakan agar pejantan tidak memiliki niat untuk kawin. Warna yang tepat dan pola betina gravid bervariasi tergantung pada fase warna bunglon itu sendiri. Ini memberikan cara yang berguna untuk membedakan antara locales.

Kecoak Dubia
Kecoak Dubia

Ini juga merupakan kesalahpahaman umum bahwa bunglon dalam bentuk apapun dapat mengubah warna untuk menyesuaikan warna yang mereka hadapi. Semua bunglon memiliki berbagai warna alami dimana mereka dilahirkan dan didikte oleh spesies mereka. Perubahan warna berubah sebagian besar dipengaruhi oleh alam bawah sadar. Hal ini dipengaruhi oleh suhu, mood, dan cahaya. Jika misalnya warna ungu tidak berada dalam kisaran warna spesies tertentu sehingga mereka dapat berubah , maka mereka tidak akan pernah dapat berubah.

Mealworm
Mealworm

Panther Chameleon dapat hidup sampai 10 tahun di penangkaran. Betina jika sering dibesarkan, biasanya hanya hidup 2-3 tahun setelah bertelur(antara 5 dan 8 cengkam) karena stres pada tubuhnya. Betina dapat bertelur antara 10 dan 40 telur per cengkam, tergantung pada makanan dan konsumsi zat gizi selama periode pembangunan. Telur dapat mengambil antara 5 dan 14 bulan untuk menetas. Kematangan seksual dicapai pada sekitar 6-7 bulan untuk membesarkan bunglon. Tetapi dapat dimulai sejak usia 5 bulan. Panther Chameleon liar biasanya mencapai kematangan seksual pada usia minimal 7 bulan.

Superworm
Superworm

Biasanya relatif mudah untuk merasakan telur dalam perut betina. Betina ketika terkubur akan menjadi terasa lebih gemuk dalam tahap terkahir dari pembangunan telur dan kadang-kadang garis besar telur bahkan dapat dilihat pada perutnya. Pada bunglon pelihaaraan, jika tempat bertelur tidak disediakan oleh pemiliknya. Betina akan mempertahankan telurnya dan menjadi “egg-bound”, dimana dia kemudian tidak mampu mengeluarkan telurnya. Ini adalah kondisi yang sangat serius dan jika tidak tertangkap pada waktunya oleh seorang dokter hewan dan dioperasi. Biasanya menyebabkan kematian.

Waxworm
Waxworm

Seperti sebagian besar spesies bunglon, Panther Chameleon sangat teritorial. Mereka menghabiskan sebagian besar hidup mereka di isolasi, selain dari sesi kawin. Ketika dua pejantan datang ke dalam kontak , mereka akan berubah warna, dan mengembangkan tubuh mereka, karena mencoba menegaskan dominasi mereka. Seringkali akhir pertempuran pada tahap ini mereka mundur lalu berganti warna kusam dan gelap.

Ada yang ingin Anda sampaikan? (minimal sertakan nama Anda)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s