21 Tempat Terindah di Dunia

Paris

21. Paris

Paris(pærɨs, paʁi) adalah ibukota Perancis. Terletak di sungai Seine, utara Perancis, dan di jantung region Île-de-France(Region Paris, Région parisienne). Kota Paris pada batas administratifnya(tak berubah sejak 1860) memiliki penduduk 2.167.994 jiwa(Januari 2006). Unité urbaine(wilayah urban) Paris memanjang ke luar batas kota administratif dan memiliki perkiraan penduduk 9.93 juta(tahun 2005). Aire urbaine(wilayah metropolitan) Paris memiliki penduduk hampir 12 juta jiwa dan merupakan salah satu wilayah metropolitan terpadat di Eropa.

Pemukiman penting bagi lebih dari dua milenium, Paris saat ini menjadi salah satu pusat bisnis dan budaya terdepan di dunia. Campuran politik, pendidikan, hiburan, media, fashion, sains dan seni. Semuanya membantu statusnya sebagai salah satu kota global terbesar di dunia. Region Paris(Île-de-France) adalah kota ekonomi terbesar di Eropa dan terbesar kelima dalam daftar kota menurut PDB dunia. Dengan €500.8 miliar(US$628.9 miliar), kota ini menghasilkan seperempat produk domestik bruto(PDB) Perancis tahun 2006. Region Paris memiliki 36 dari perusahaan Fortune Global 500 di beberapa distrik bisnis, terutama La Défense. Yang merupakan distrik bisnis terbesar di Eropa. Paris juga memiliki banyak organisasi internasional seperti UNESCO, OECD, ICC dan Paris Club.

Paris adalah kota tujuan turis paling populer di dunia, dengan 30 juta pengunjung asing per tahun. Terdapat sejumlah marka tanah terkenal di antara berbagai atraksinya, bersama dengan institusi terkenal, dan taman terpopuler di dunia.

Karang Penghalang Besar

20. Karang Penghalang Besar

Karang Penghalang Besar(Great Barrier Reef) adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, dan membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Taman Laut Karang Penghalang Besar(Great Barrier Reef Marine Park).

Queensland
Queensland

Karang Penghalang Besar(KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil yang dikenal dengan sebutan polip koral(coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.

Polip Koral
Polip Koral

Kekayaan biodiversitas, perairan yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung yang disebut live aboards. Membuat karang ini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.

Florida

19. Florida

Florida(ˈflɒrɪdə) adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat yang terletak di Amerika Serikat tenggara, berbatasan dengan Alabama dan Georgia. Ibukotanya adalah Tallahassee, dengan kota terbesar Jacksonville. Negara bagian ini memiliki populasi sebesar 15.982.378 jiwa. Florida adalah negara bagian ke-27 yang bergabung dengan AS. Sebagian besar wilayah Florida berupa semenanjung yang dibatasi oleh Teluk Meksiko dan Samudra Atlantik.

Pulau Selatan

18. Pulau Selatan

Pulau Selatan adalah salah satu dari dua pulau utama yang membentuk Kepulauan Selandia Baru, satunya lagi adalah Pulau Utara. Nama Maori dari pulau ini adalah Te Wai Pounamu yang berarti “Air batu hijau”(jade).

Jade
Jade

Pulau ini memiliki wilayah 151.215 km² yang membuatnya salah satu pulau terbesar ke-12 di dunia. Di sepanjang pesisir baratnya terdapat pegunungan Alps Selatan; Gunung Cook merupakan titik tertinggi, 3.754 di atas permukaan laut.

Cape Town

17. Cape Town

Cape Town(Kaapstad) merupakan ibu kota legislatif Afrika Selatan dan ibu kota Provinsi Tanjung Harapan. Ibu kota lainnya adalah Pretoria(eksekutif) dan Bloemfontein(kehakiman).

Gunung Meja
Gunung Meja

Kota ini adalah pelabuhan besar di pinggir Samudra Atlantik. Dia mempunyai hubungan kereta api yang baik dengan daerah pedalaman. Letaknya di kaki Gunung Meja. Di kota ini terdapat Gedung Parlemen(1886) dan Universitas Cape Town(1916).

Cape Town didirikan orang Belanda dengan nama Kaapstad pada tahun 1652 dan direbut Britania Raya pada tahun 1806. Cape Town digunakan oleh penjajah Inggris menjadi suatu pelabuhan untuk penjajah Inggris yang telah pulang dari India.

Las Vegas

16. Las Vegas

Las Vegas(lɑs ˈveɪgəs) adalah kota terpadat di negara bagian Nevada, ibukota Clark County, dan kota resor besar yang terkenal secara internasional untuk industri perjudian, perbelanjaan, dan hiburan. Las Vegas, dijuluki Ibukota Hiburan Dunia yang terkenal karena sejumlah resor kasinonya atau hiburan sejenis. Serta sebuah kota pensiunan untuk keluarga. Las Vegas adalah kota terpadat ke-28 di Amerika Serikat dengan perkiraan jumlah penduduk menurut Biro Sensus AS sebanyak 558.383 jiwa pada 2008. Perkiraan jumlah penduduk wilayah metropolitan Las Vegas pada 2008 adalah 1.865.746 jiwa.

Chicago

Didirikan tahun 1905, Las Vegas secara resmi menjadi kota tahun 1911. Dengan pertumbuhan yang mengikuti, di akhir abad Las Vegas menjadi kota terpadat di Amerika dan didirikan di abad ke-20(sebelumnya Chicago pada abad ke-19). Toleransi kota terhadap berbagai bentuk hiburan dewasa memberinya julukan Kota Dosa dan julukan ini menjadikan Las Vegas sebagai tempat populer untuk pembuatan film atau program televisi. Di sisi lain, Las Vegas juga memiliki jumlah gereja terbanyak per kapita daripada kota-kota lain di AS. Tampilan lampu luar ada dimana-mana di Las Vegas Strip dan di sejumlah tempat di seluruh kota. Dilihat dari luar angkasa, wilayah metropolitan Las Vegas adalah kota paling terang di Bumi.

Las Vegas Strip
Las Vegas Strip

Nama Las Vegas sering ditempatkan pada wilayah lepas yang mengelilingi kota, khususnya daerah resor dekat Las Vegas Strip. Rentangan Las Vegas Boulevard sepanjang 4 mil(6,4 km) ini terletak di luar batas kota, kota lepas Paradise, dan Winchster, lalu berlanjut hingga Enterprise.

Sydney

15. Sydney

Sydney(ˈsɪdni) adalah kota terbesar di Australia dan ibu kota negara bagian dari New South Wales. Sydney memiliki populasi wilayah metropolitan 4.34 juta jiwa dan luas 12.000 kilometer persegi. Penduduknya disebut Sydneysiders dan Sydney dijuluki sebagai “The Harbour City”(Kota Dermaga), “The City of Villages”(Kota Desa), dan “The Emerald City”(Kota Zamrud). Sydney merupakan salah satu kota paling multikultural di dunia yang tercermin dari perannya sebagai kota tujuan utama bagi imigran ke Australia.Arc

Arthur Phillip
Arthur Phillip

Koloni Britania pertama Sydney didirikan tahun 1788 di Sydney Cove oleh Arthur Phillip, komodor First Fleet. Terletak di sebuah teluk di Laut Tasman, Sydney dibangun di bukit rendah sekitar Port Jackson. Kota ini merupakan tempat berdirinya Sydney Opera House dan Harbour Bridge. Wilayah metropolitannya dikelilingi oleh taman nasional yang memiliki banyak teluk, sungai, dan ceruk.

Hyde Park
Hyde Park

Kota ini adalah tempat bagi berbagai taman, seperti Hyde Park, Royal Botanical Gardens, dan taman nasional lainnya. Bersama dengan Sydney Harbour, hal ini merupakan faktor utama yang menjadikan kota ini sebagai salah satu kota terindah di dunia.

Universitas Loughtborough
Universitas Loughtborough

Sydney dianggap sebagai sebuah kota dunia A+, berdasarkan daftar kelompok Universitas Loughborough tahun 2008, dan menempati peringkat ke-16 di antara kota global berdasarkan Global Cities Index tahun 2008 oleh Foreign Policy. Menurut survei biaya hidup Mercer, Sydney adalah termahal di Australia, dan termahal ke-66 di dunia. Sydney juga menempati peringkat ke-10 kota yang pantas dihuni di dunia menurut Mercer Human Resource Consulting dan The Economist. Sydney juga merupakan pusat keuangan internasional dan menempati peringkat ke-14 dari 50 kota keuangan global menurut Mastercard Worldwide Centers of Commercial Index(2007) dan peringkat ke-1 di Australia.

British Empire Games 1938

Kota ini pernah mengadakan pesta olahraga tingkat internasional, termasuk British Empire Games 1938, Olimpiade Musim Panas 2000, dan final Piala Dunia Rugby 2003. Bandar udara utama yang melayani Sydney adalah Bandar Udara Sydney.

New York

14. New York

New York adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat yang terletak di wilayah(region) antara Atlantik Tengah dan Timur Laut dari Amerika Serikat. Dengan 62 kelurahan(counties) yang menjadikan New York sebagai kota berpenduduk nomor tiga terbesar di Amerika Serikat. New York berbatasan degan negara bagian Vermont, Massachusetts, Connecticut, New Jersey, dan Pennsylvania, dan berbagi perbatasan air dengan Rhode Island, Quebec, dan Ontario. New York memiliki lima kota besar yaitu: New York City(kota terbesar di Amerika Serikat), Buffalo, Rochester, Yonkers, dan Syracuse.

New York City
New York City

New York City dikenal dengan sejarahnya sebagai pintu gerbang para imigran untuk masuk ke Amerika Serikat dan statusnya sebagai pusat keuangan, budaya, transportasi, serta manufaktur.

Patung Indian Algonquian
Patung Indian Algonquian

New York pada awal abad ke-17 didiami oleh Penduduk Asli Amerika, yaitu suku-suku Indian Algonquian, Iroquois, dan Lenape yang di saat bersamaan bangsa Belanda dan Perancis mulai memasuki wilayah ini. Pengakuan pertama dibuat oleh Henry Hudson pada tahun 1609, wilayah ini menjadi milik Belanda yang bergerak maju mendiami Fort Orange, dekat lokasi yang sekarang adalah ibukota New York. Albany pada tahun 1614 dan pada tahun 1624 dijajah oleh Belanda. Baik di Albany dan Manhattan akhirnya jatuh ke Inggris sewaktu direbut pada tahun 1664. Sekitar sepertiga pertempuran(Perang Revolusi) terjadi di New York. New York menjadi negara bagian independen pada tanggal 9 Juli 1776 dan membuat Undang-Undang New York pada tahun 1777. Negara bagian New York disahkan dalam Undang-Undang Amerika Serikat pada tahun 1788, dan menjadi negara bagian ke-11.

Taj Mahal

13. Taj Mahal

Tāj Mahal(تاج محل, ताज महल) adalah sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, anak Jahangir sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum(juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal). Pembangunannya menghabiskan waktu 23 tahun(1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal.

Arjumand Banu Begum
Arjumand Banu Begum

Shah Jahan, kaisar dari Kekaisaran Mughal memiliki kekayaan yang besar selama masa kejayaannya. Pada 1631 istri keduanya wafat sewaktu melahirkan putrinya Gauhara Begum, anak ke-14 mereka.

Rocky Mountain

12. Pegunungan Rocky

Rocky Mountains atau sering disebut Rockies merupakan rangkaian pegunungan yang memanjang di sebelah barat Amerika Utara. Panjangnya lebih dari 3 ribu mil(4.800 kilometer) membentang dari British Columbia(Kanada) sampai New Mexico(Amerika Serikat). Puncak tertingginya adalah Gunung Elbert(Colorado), kurang lebih 4.401 meter di atas permukaan laut. Sedangkan Gunung Robson berada pada ketingian 3.954 meter yang merupakan puncak tertinggi di Canadian Rockies. Sistem Pegunungan Rocky Mountain termasuk dalam United States physiographic region.

Uluru

11. Uluru

Uluru dikenal juga sebagai Ayers Rock adalah sebuah formasi batu berukuran besar di Taman Nasional Uluru-Kata Tjuta. Sekitar 350 km di barat daya kota Alice Springs, Northern Territory, Australia. Uluru adalah benda keramat bagi para Aborigin dengan banyak mata air, gua, dan lukisan primitif.

Chichén Itzá

10.Chichén Itzá

Chichén Itzá(tʃi, ˈtʃɛn iˈtsɑ)adalah suatu Situs Peradaban Maya di Meksiko pada abad 800 SM. Piramida Kukulcan di kompleks situs bersejarah ini dipercaya sebagai pusat kegiatan politik dan ekonomi peradaban bangsa Maya yang terletak di Semenanjung Yucatan(kini wilayah Meksiko). Itza merupakan titik sentral kompleks bangunan lainnya seperti Piramida Kukulcan, Candi Chac Mool, dan bangunan Seribu Tiang

Air Terjun Niagara

9. Air Terjun Niagara

Niagara adalah air terjun besar di sungai Niagara yang berada di garis perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat(New York) dengan provinsi Kanada(Ontario). Air terjun ini berjarak sekitar 17 mil(27 km) sebelah utara dan barat laut dari Buffalo, New York dan 75 mil(120 km) tenggara Toronto, Ontario.

Bridal Veil
Bridal Veil

Niagara adalah nama kelompok dari tiga air terjun. Ketiga air terjun tersebut adalah air terjun Horseshoe(kadang-kadang disebut sebagai air terjun Kanada), air terjun Amerika, dan yang lebih kecil yakni air terjun Bridal Veil yang dipisahkan oleh sebuah pulau bernama Luna Island dari air terjun utama.

Luna Island
Luna Island

Meski tidak terlalu tinggi, Niagara merupakan air terjun yang sangat lebar dan terpopuler di dunia. Lebih dari 6 juta kaki kubik(168.000 m3) air per menit dijatuhkan dan ini merupakan air terjun yang paling kuat di Amerika Utara.

Niagara juga terkenal akan pelangi indahnya yang melintang di tengah derasnya air terjun. Keindahan alam yang terdapat di sekeliling Niagara membuat jutaan orang dari setiap belahan dunia mengunjunginya setiap hari.

Petra

8. Petra

Petra(πέτρα petra, “batu”, البتراء, al-Bitrā) adalah sebuah situs arkeologikal di Yordania, terletak di dataran rendah diantara gunung-gunung yang membentuk sayap timur Wadi Araba, lembah besar yang berawal dari Laut Mati sampai Teluk Aqaba.

Piramida

7. Seluruh Tempat yang Memiliki Piramida

Piramid atau piramida adalah konstruksi bangunan yang sudah digunakan sejak lama oleh bangsa Mesir kuno maupun bangsa Maya, juga digunakan sebagai makam raja-raja masa dahulu serta sarana ibadah(pemujaan).

Venesia

6. Venesia

Venesia(Venezia) adalah ibu kota regione Veneto dan Provinsi Venesia di Italia. Kota ini memiliki luas wilayah 412 km² dan populasi 271.663 jiwa(2003). Republik Venesia berdiri di kota ini dari abad ke-9 hingga ke-18. Kota kanal ini terkenal dengan sarana transportasi air, di antaranya gondola.

Maladewa

5. Republik Maladewa

Republik Maladewa adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari kumpulan atol(pulau karang) di Samudra Hindia. Maladewa terletak di sebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat daya Sri Lanka. Negara ini memiliki 26 atol yang terbagi menjadi 20 atol administratif dan 1 kota.

Air Terjun Victoria

4. Air Terjun Victoria

Air terjun Victoria merupakan salah satu air terjun paling spektakuler di dunia. Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi yang pada saat ini membentuk perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Air terjun ini memiliki lebar kira-kira 1 mil(1,6 km) dengan ketinggian 128m(420 kaki).

David Livingstone
David Livingstone

David Livingstone, seorang penjelajah Skotlandia mengunjungi danau ini pada 1855 dan menamakannya atas nama Ratu Victoria, sedangkan nama lokalnya adalah Mosi-oa-Tunya(“asap menggelegar”) Air terjun ini merupakan bagian dari dua taman nasional, Mosi-oa-Tunya National Park di Zambia dan Victoria Falls National Park di Zimbabwe, dan juga termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Air terjun ini merupakan obyek wisata utama di Afrika Selatan.

Hong Kong

3. Hong Kong

Hong Kong(香港, Xiānggǎng, Daerah Administratif Khusus Hong Kong) merupakan satu dari dua Daerah Administratif Khusus yang merupakan bagian dari negara Republik Rakyat Tiongkok, satunya lagi adalah Makau. Pada tanggal 1 Juli 1997, daerah ini secara resmi diserahkan oleh pemerintah Britania Raya kepada Republik Rakyat Tiongkok.

Deng Xiaoping
Deng Xiaoping

Sebelum diserahkan pada tahun 1997, Hong Kong adalah koloni Britania Raya. Di bawah kebijakan Satu Negara Dua Sistem ciptaan Deng Xiaoping, Hong Kong menikmati otonomi dari pemerintah RRC seperti pada sistem hukum, mata uang, bea cukai, imigrasi, peraturan jalan yang tetap berjalan di jalur kiri. Urusan yang ditangani oleh Beijing adalah pertahanan nasional dan hubungan diplomatik. Otonomi ini berlaku di Hong Kong(minimal) untuk 50 tahun dihitung dari tahun 1997.

Taman Nasional Yosemite

2. Taman Nasional Yosemite

Taman Nasional Yosemite adalah taman nasional yang terletak di sebelah timur California, Amerika Serikat. Taman nasional ini mencakup luas daerah sebesar 3,080.74 km2. Lebih dari 3,7 juta orang mengunjungi taman nasional ini setiap tahunnya. Kebanyakan orang menghabiskan waktu mereka di Lembah Yosemite. Taman nasional ini termasuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia yang dikenal karena tebing granit, air terjun, Sequoia raksasa, serta keanekaragaman hayatinya. Sekitar 95% daerahnya dibuat menjadi area yang liar.

Hawaii

1. Hawaii

Hawaii adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat. Hawaii ditemukan oleh James Cook, seorang penjelajah Inggris pada 10 Januari 1778. Penduduk asli kepulauan Hawaii adalah suku bangsa Polynesia. Raja Kamehameha I yang terlahir pada tahun 1758, dia adalah raja besar yang pernah berkuasa atas kepulauan Hawaii sekitar tahun 1810. Dinasti Kamehameha diteruskan oleh keturunannya hingga Kamehameha V yang mangkat pada 11 Desember 1872 dan merupakan penerus terakhir dinasti Kamehameha.

James Cook
James Cook

Sejarah kepemimpinan Hawaii masih diteruskan oleh beberapa nama besar kerabat keluarga Kamehameha seperti Lunalilo, Kalakaua, Liliuokalani. Hingga akhirnya masuk dalam himpunan negara jajahan Amerika Serikat pada tahun 1900, serta disahkan sebagai negara bagian Amerika Serikat ke-50, pada 21 Agustus 1959.

Raja Kamehameha I
Raja Kamehameha I

Pada kongres besar 1993, Presiden Clinton pernah meminta maaf kepada seluruh suku bangsa Hawaii atas musnahnya dinasti kerajaan Hawaii. Hawaii merupakan salah satu pulau wisata papan atas di dunia, potensi keindahan alam serta wisata bahari yang “sangat indah” menjadikan Hawaii terkenal di seluruh pelosok dunia. Tokoh terkenal lain asal Hawaii adalah Duke Kahanamoku, yang merupakan penemu olah raga selancar.

Ada yang ingin Anda sampaikan? (minimal sertakan nama Anda)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s