Negara-Negara Terkaya di Dunia

Kaya

Data di bawah ini diurutkan berdasar data GDP(Gross Domestic Product) atau Produk Domestik Bruto dalam suatu negara. GDP sendiri adalah salah satu dari beberapa indikator yang mengukur tingkat pertumbuhan ekonomi. GDP juga diartikan sebagai nilai keseluruhan semua barang dan jasa yang diproduksi di dalam wilayah tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Informasi didasarkan pada data yang tersedia di tahun 2011.

Amerika Serikat

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah sebuah republik federal yang terdiri dari 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Kecuali, Alaska, Hawaii, dan 48 negara bagian lainnya, serta distrik federalnya yang terletak di Amerika Utara. Amerika Serikat berbatasan dengan Meksiko dan Teluk Meksiko di sebelah selatan, juga dengan Kanada di sebelah utara, serta barat laut(eksklave Alaska). Sebelah barat negara ini berbatasan dengan Samudra Pasifik dan di sebelah timur dengan Samudra Atlantik. Selain itu, Amerika Serikat juga memiliki beberapa daerah di Karibia dan Pasifik. Walaupun wilayah tersebut bukanlah bagian dari Amerika Serikat. Amerika Serikat memiliki GDP sebesar $14.580.000.000.000

Cina

2.Tiongkok

Tiongkok adalah nama dari daerah budaya dan pemukiman turun temurun dari budaya kuno sejak dahulu hingga kini, serta merupakan negara di Asia Timur. Peradaban Tiongkok merupakan salah satu peradaban tertua di dunia, terdiri dari sejarah dan budaya beberapa negara yang ada sejak 6 milenia.

Pada perang saudara terakhir di Tiongkok. Perang ini berakhir dengan jalan buntu dan mengakibatkan adanya dua negara yang memiliki dua nama Tiongkok, yang pertama Republik Rakyat Tiongkok atau Tiongkok dan pemerintahnya berkuasa atas daratan seluruh daratan di wilayah Tiongkok, berikutnya yang kedua Hong Kong dan Makau yang keduanya termasuk dalam Republik Tiongkok(ROC) atau Taiwan, pemerintahnya berkuasa atas Pulau Taiwan beserta pulau-pulau disekelilingnya. Namun banyak negara lainnya berpendapat bahwa secara resmi daerah yang diperintah oleh Taiwan merupakan bagian dari Republik Rakyat Tiongkok.

Tiongkok merupakan peradaban tertua di dunia yang masih ada hingga kini. Tiongkok memiliki sistem penulisan yang konsisten sejak dahulu dan masih digunakan hingga kini. Banyak penemuan-penemuan penting bersumber dari peradaban Tiongkok kuno. Seperti kertas, kompas, serbuk mesiu, dan materi-materi cetak. Tiongkok memiliki GDP sebesar $7.800.000.000.000

Jepang

3. Jepang

Jepang adalah sebuah negara kepulauan di Asia Timur. Letaknya di ujung barat Samudra Pasifik, di sebelah timur Laut Jepang, dan bertetangga dengan Republik Rakyat Cina, Korea, serta Rusia. Pulau-pulau paling utara berada di Laut Okhotsk dan wilayah paling selatan berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Cina Timur, tepatnya di sebelah selatan Okinawa yang bertetangga dengan Taiwan.

Jepang terdiri dari 6.852 pulau yang membuatnya menjadi suatu kepulauan. Pulau-pulau utama dari utara ke selatan adalah Hokkaido, Honshu, Shikoku, dan Kyushu. Sekitar 97% wilayah daratan Jepang berada di keempat pulau terbesarnya. Sebagian besar pulau di Jepang bergunung-gunung dan sebagian di antaranya merupakan gunung berapi. Gunung tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji yang merupakan sebuah gunung berapi. Penduduk Jepang berjumlah 128 juta orang dan berada di peringkat ke-10 negara berpenduduk terbanyak di dunia. Tokyo secara de facto adalah ibu kota Jepang dan berkedudukan sebagai sebuah prefektur. Tokyo Raya adalah sebutan untuk Tokyo dan beberapa kota yang berada di prefektur sekelilingnya. Sebagai daerah metropolitan terluas di dunia, Tokyo Raya berpenduduk lebih dari 30 juta orang.

Kaisar Jimmu
Kaisar Jimmu

Menurut mitologi tradisional, Jepang didirikan oleh Kaisar Jimmu pada abad ke-7 SM. Kaisar Jimmu memulai mata rantai monarki Jepang yang tidak terputus hingga kini. Meskipun begitu sepanjang sejarahnya, untuk kebanyakan masa kekuatan. Sebenarnya berada di tangan anggota-anggota istana, shogun, pihak militer, dan memasuki zaman modern di tangan perdana menteri. Menurut Konstitusi Jepang tahun 1947, Jepang adalah negara monarki konstitusional di bawah pimpinan Kaisar Jepang dan Parlemen Jepang.

Sebagai negara maju di bidang ekonomi, Jepang memiliki Produk Domestik Bruto terbesar nomor tiga setelah Cina dan masuk dalam urutan tiga besar dalam keseimbangan kemampuan berbelanja. Jepang adalah anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, G8, OECD, dan APEC. Jepang memiliki kekuatan militer yang memadai, dan lengkap dengan sistem pertahanan moderen seperti AEGIS, serta skuat armada besar berupa kapal perusak. Dalam perdagangan luar negeri, Jepang berada di peringkat ke-4 negara pengekspor terbesar dan peringkat ke-6 negara pengimpor terbesar di dunia. Sebagai negara maju, penduduk Jepang memiliki standar hidup yang tinggi(peringkat ke-8 dalam Indeks Pembangunan Manusia) dan angka harapan hidup tertinggi di dunia menurut perkiraan PBB. Dalam bidang teknologi, Jepang adalah negara maju di bidang telekomunikasi, permesinan, dan robotika. Jepang memiliki GDP sebesar $4.487.000.000.000

Republik India

4. Republik India

Republik India adalah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia, dengan populasi lebih dari satu miliar jiwa, dan negara terbesar ketujuh berdasarkan ukuran wilayah geografis. Jumlah penduduk India tumbuh pesat sejak pertengahan 1980-an. Ekonomi India adalah terbesar keempat di dunia dalam PDB, diukur dari segi paritas daya beli(PPP), dan salah satu pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. India, negara dengan sistem demokrasi liberal terbesar di dunia, juga telah muncul sebagai kekuatan regional yang penting, memiliki kekuatan militer terbesar, dan memiliki kemampuan senjata nuklir.

Terletak di Asia Selatan dengan garis pantai sepanjang 7.000 km dan bagian dari anak benua India. India merupakan bagian dari rute perdagangan penting dan bersejarah. Dia membagi perbatasan dengan Pakistan, Republik Rakyat Cina, Myanmar, Banglades, Nepal, Bhutan, dan Afganistan. Sedangkan Sri Lanka, Maladewa, dan Indonesia adalah negara kepulauan yang bersebelahan.

Lembah Indus
Lembah Indus

India adalah sumber dari peradaban kuno seperti Budaya Lembah Indus dan merupakan tempat kelahiran dari empat agama utama dunia: Hindu, Buddha, Jainisme, dan Sikhisme. Negara ini merupakan bagian dari Britania Raya sebelum meraih kemerdekaan pada 1947. Republik India memiliki GDP sebesar $3.319.000.000.000

Republik Federal Jerman

5. Republik Federal Jerman

Republik Federal Jerman adalah suatu negara berbentuk federasi di Eropa Barat. Negara ini merupakan negara dengan posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa maupun di dunia. Dengan luas 357.021 kilometer persegi(kira-kira dua setengah kali Pulau Jawa) dan penduduk sekitar 82 juta jiwa. Negara dengan 16 negara bagian ini menjadi anggota kunci organisasi Uni Eropa, penghubung transportasi barang dan jasa antara negara-negara sekawasan, serta menjadi negara dengan penduduk imigran ketiga terbesar di dunia.

Charlemagne
Charlemagne

Meskipun bangsa Jerman modern baru terbentuk pada tahun 1871, seusai Perang Perancis-Prusia. Satuan-satuan politik di wilayah ini telah lama memainkan posisi penting dalam era monarki di Eropa sejak penguasaan oleh Kekaisaran Romawi menjelang era modern(Masehi) hingga berakhirnya Perang Napoleon. Penyatuan wilayah Eropa Tengah pada masa Karl Yang Agung(Charlemagne) yang merupakan pemimpin Kerajaan Franka di abad ke-8 menjadi rintisan terbentuknya suatu imperium konfederatif berusia hampir 1000 tahun dan dikenal sebagai Imperium Romawi Suci. Imperium ini sangat mewarnai budaya feodal di seluruh Eropa serta menjadi pusat reformasi gereja kristen di abad ke-16 yang melahirkan Protestantisme. Ketika Imperium Romawi Suci dibubarkan pada tahun 1806 akibat perpecahan yang ditimbulkan oleh perang Napoleon, telah tumbuh rasa satu kebangsaan sebagai masyarakat berbahasa sama(bahasa Jerman). Namun demikian, negara modern yang terbentuk kemudian tidak sanggup menyatukan cita-cita kebangsaan itu karena Austria membentuk sekutu bersama Hungaria dan menjadi negara terpisah dari negara Jerman modern. Pada tahun 1949, Jerman dengan wilayah yang jauh berkurang akibat dua perang besar di Eropa, terbagi menjadi dua negara terpisah: Jerman Barat dan Jerman Timur. Pemisahan ini berakhir pada 3 Oktober 1990 ketika Jerman Timur secara resmi menyatukan diri dengan Jerman Barat.

Jerman sendiri adalah negara pendiri Masyarakat Ekonomi Eropa. Negara ini juga menjadi anggota zona Schengen dan pengguna mata uang Euro sejak 2002. Sebagai negara penting, Jerman adalah anggota G8, G20, menduduki urutan kelima dalam Produk Domestik Bruto dan dalam Keseimbangan Kemampuan Berbelanja(2009), urutan kedua negara pengekspor, dan urutan kedua negara pengimpor barang(2009), serta dalam nilai bantuan pembangunan dalam anggaran tahunannya(2008). Jerman juga dikenal sebagai negara dengan sistem jaringan pengaman sosial yang baik dan memiliki standar hidup yang sangat tinggi. Jerman dikenal sebagai negara dengan penguasaan ilmu dan teknologi maju di berbagai bidang, baik ilmu-ilmu alamiah maupun sosial dan kemanusiaan, selain sebagai negara yang banyak mencetak prestasi di bidang keolahragaan, seperti Formula 1, Sepak bola, dan lain lain. Jerman dianggap sebagai negara yang sangat menghidupkan dunia. Dengan kata lain, Jerman juga merupakan negara yang mempengaruhi keadaan perekonomian/bursa saham dunia.

Inggris

6. Inggris

Inggris adalah negara bagian terbesar dan terpadat penduduknya dari negara-negara bagian yang membentuk Persatuan Kerajaan Britania Raya serta Irlandia Utara(United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland). Negara-negara lainnya adalah Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Seringkali nama Inggris dipakai untuk menyebut keseluruhan negara ini.

Wilayah Inggris meliputi 2/3 pulau Britania, berbatasan dengan Skotlandia di sebelah utara dan dengan Wales di sebelah barat. Berbeda dengan Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara. Inggris tidak memiliki pemerintahan dan parlemen lokal sendiri. Inggris memiliki GDP sebesar $2.279.000.000.000

Rusia

7. Rusia

Federasi Rusia atau Rusia adalah sebuah negara yang membentang dengan luas di sebelah timur Eropa dan utara Asia. Dengan wilayah seluas 17.075.400 km², Rusia adalah negara terbesar di dunia. Wilayahnya kurang lebih dua kali wilayah Republik Rakyat Cina(Tiongkok/RRT), Kanada, dan Amerika Serikat. Penduduknya menduduki peringkat ketujuh terbanyak di dunia setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Indonesia, Brasil, dan Pakistan.

Negara ini dahulu pernah menjadi negara bagian terbesar Uni Soviet. Rusia adalah ahli waris utama Uni Soviet. Negara ini mewarisi 50% jumlah penduduk, 2/3 luas wilayah, dan kurang lebih 50% aset-aset ekonomi dan persenjataannya.

Kota- kota besar di Rusia antara lain Moskow, Saint Petersburg, Nizhny Novgorod, Yekaterinburg, Samara, Omsk, Kazan, Chelyabinsk, Rostov na Donu, Ufa, Volgograd, Perm, Krasnoyarsk, Saratov, Voronezh, Tolyatti, Krasnodar, Ulyanovsk, dan Izhevsk.

Saat ini Rusia berusaha keras untuk meraih status sebagai negara adidaya lagi. Meskipun Rusia adalah negara penting, tetapi statusnya masih jauh dibandingkan dengan status Uni Soviet dulu. Rusia memiliki GDP sebesar $2.225.000.000.000

Perancis

8. Perancis

Perancis atau secara resmi Republik Perancis merupakan sebuah negara yang wilayah metropolitannya terletak di Eropa Barat dan juga memiliki berbagai pulau dalam wilayah di seberang laut pada benua lain. Perancis Metropolitan memanjang dari Laut Mediterania hingga Selat Inggris dan Laut Utara, serta dari Rhine ke Samudera Atlantik. Orang Perancis sering menyebut Perancis Metropolitan sebagai “L’Hexagone”(Heksagon) karena bentuk geometris wilayahnya. Perancis adalah sebuah republik kesatuan semi-presidensial yang tidak punya presiden. Ideologi utamanya tercantum dalam Deklarasi Hak Asasi Manusia dan Warga Negara.

Perancis berbatasan dengan Belgia, Luksemburg, Jerman, Swiss, Italia, Monako, Andorra, dan Spanyol. Karena memiliki departemen di seberang laut, Perancis juga berbagi perbatasan tanah dengan Brazil dan Suriname(berbatasan dengan Guyana Perancis), serta Antillen Belanda(berbatasan dengan Saint-Martin). Perancis juga terhubung dengan Britania Raya oleh Terowongan Channel yang berada di bawah Selat Inggris.

Perancis telah menjadi salah satu kekuatan terbesar dunia sejak pertengahan abad ke-17. Di abad ke-18 dan 19, Perancis membuat salah satu imperium kolonial terbesar saat itu, membentang sepanjang Afrika Barat dan Asia Tenggara, mempengaruhi budaya dan politik daerah. Perancis adalah negara maju, dengan ekonomi terbesar keenam(PDB nominal) atau kedelapan(PPP) terbesar di dunia. Perancis juga merupakan negara yang paling banyak dikunjungi di dunia, menerima 82 juta turis asing per tahun(termasuk pelancong bisnis, tapi tak termasuk orang yang menetap kurang dari 24 jam di Perancis). Perancis adalah salah satu negara pendiri Uni Eropa dan memiliki wilayah terbesar dari semua anggota. Perancis juga negara pendiri Perserikatan Bangsa-Bangsa dan anggota Francophonie, G8, NATO, serta Uni Latin. Negara ini merupakan salah satu lima anggota permanen Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa dan juga memiliki kekuatan nuklir yang besar dengan 360 hulu ledak aktif serta 59 pembangkit listrik tenaga nuklir. Perancis memiliki GDP sebesar $2.097.000.000.000

Republik Federal Brasil

9. Republik Federal Brasil

Republik Federal Brasil adalah negara paling besar dan paling banyak penduduknya di Amerika Selatan. Negara ini merupakan negara paling timur di Benua Amerika dan berbatasan dengan Pegunungan Andes serta Samudra Atlantik. Nama Brasil diambil dari nama kayu brasil, sejenis kayu lokal. Brasil merupakan tempat pertanian ekstensif dan hutan hujan tropis. Sebagai bekas koloni Portugal, bahasa resmi Brasil adalah bahasa Portugis. Selain itu, Brasil juga sebagai penghasil kopi terbesar di dunia. Brasil memiliki GDP sebesar $2.030.000.000.000

Italia

10. Italia

Italia atau Republik Italia adalah sebuah negara di Eropa selatan yang terdiri dari sebuah semenanjung yang berbentuk sepatu boot dan dua pulau besar di Laut Tengah: Sisilia serta Sardinia. Italia berbatasan dengan Perancis, Swiss, Austria, dan Slovenia. Negara San Marino dan Vatikan adalah enklaf di dalam wilayah Italia, sementara Campione d’Italia merupakan eksklaf Italia di Swiss. Negara Italia meliputi wilayah seluas 301.338 km²(116.347 mil²) yang dipengaruhi oleh iklim sedang. Dengan jumlah penduduk sebesar 60,4 juta, Italia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbesar keenam di Eropa dan terpadat ke-23 di dunia.

Roma(ibukota Italia) selama berabad-abad merupakan pusat politik Dunia Barat. Kota tersebut pernah menjadi ibukota Kekaisaran Romawi. Setelah jatuhnya Romawi, Italia terus-menerus diserang oleh bangsa-bangsa asing. Dari suku-suku Jermanik seperti Lombard dan Ostrogoth, hingga Bizantium. Beberapa abad kemudian, Italia menjadi tempat lahirnya Renaisans, yaitu gerakan intelektual yang penting dalam membentuk pemikiran bangsa Eropa.

Setelah jatuhnya Romawi, Italia terpecah menjadi negara-negara kecil(seperti Kerajaan Sardinia dan Kadipaten Milan), namun negeri ini disatukan pada tahun 1861. Setelah berlangsungnya periode kerusuhan yang dikenal dengan istilah “Il Risorgimento“(Kebangkitan). Pada akhir abad ke-19, selama Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Italia menjajah Libya, Eritrea, Somalia, Ethiopia, Albania, Rhodes, Dodecanese, dan konsesi di Tianjin(Cina).

Saat ini Italia memainkan peran penting dalam budaya, diplomasi, dan militer Eropa ataupun dunia. Sehingga Italia merupakan salah satu kekuatan regional.

One thought on “Negara-Negara Terkaya di Dunia

  1. Negara Tiongkok dan India adalah negara yang memiliki banyak kesamaan, dari sistem pemerintahannya kerajaan yg tdk transparan dan perdana menteri yg bertugas menangani politik luar negerinya. Tiongkok dan India sama2 terkenal dengan penipuan, penggelapan dan penyuapannya di negara lain dan kekayaannya bukan bersumber asli dari negara tersebut melainkan hasil dari menyerap kekayaan negara lain dan Singapura sebagai negara tempat pencucian uangnya, lain dengan Jepang yg memang murni dan berintegritas tinggi. Indonesia yg seharusnya maju diserap kekayaannya oleh Tiongkok sejak dibukannya hubungan diplomatik oleh MenLu Ali Alatas Tiongkok maju dengan pesat sedangkan Indonesia maju dengan pesat hutangnya.

    Suka

Ada yang ingin Anda sampaikan? (minimal sertakan nama Anda)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s