Iblis Bukanlah Nenek Moyang Jin

Iblis
Hanya Ilustrasi

Banyak orang beranggapan bahwa Iblis itu adalah nenek moyang dari Jin, berdasarkan referensi dari buku “Dialog Dengan Jin Muslim” karya Muhammad Isa Dawud, Iblis merupakan golongan Jin dan bukan sebaliknya. Sedangkan setan adalah makhluk yang tercipta sebagai akibat dari perkawinan antara Iblis dengan Jin perempuan pengikutnya. Iblis diketahui hanya ada satu dan diberi rupa yang buruk oleh Allah SWT karena bersikap sombong dengan tidak bersujud kepada Nabi Adam AS, lalu diusir dari surga. Oleh karena itu, keturunannya yaitu setan juga memiliki rupa yang buruk.

Lalu siapakah nenek moyang Jin dan Iblis?

Makhluk itu bernama Jan yang memiliki kepandaian yang luar biasa, hampir sama seperti malaikat.. Jan diakui oleh kalangan Jin sebagai nenek moyang mereka. Dengan kata lain, Iblis itu adalah nenek moyang setan bukannya Jin.

Setan adalah Jin tetapi Tidak Semua Jin itu Setan

Jadi, jangan menganggap semua Jin itu jahat, bahkan diantara mereka ada yang muslim walaupun jumlahnya sangat sedikit sekali. Jin juga memiliki kewajiban untuk beribadah kepada Allah SWT, mereka juga menjalani kehidupan seperti seorang manusia. Contohnya seperti makan, minum, dan perkawinan. Rata-rata seorang Jin memiliki usia ratusan hingga ribuan tahun lamanya. Bahkan Jin pendamping (Qarin) Nabi Muhammad SAW kemungkinan masih hidup sampai sekarang.

Apakah Jin pendamping(Qarin) itu?

Setiap Jin dan keturunan Nabi Adam AS memiliki satu Jin pendamping, sama seperti Jin yang lainnya mereka memiliki agamanya masing-masing. Jika anda seorang yang taat beribadah maka Qarin anda akan bertengger disebelah bahu kanan. Jika sebaliknya maka akan bertengger di bahu kiri anda. Sebagian orang memiliki Qarin yang kafir, Qarin yang kafir akan selalu mengajak anda berbuat maksiat. Hanya dengan ketaqwaan anda-lah yang bisa menaklukannya sehingga ia menjadi muslim. Memiliki Qarin yang muslim akan memberikan keuntungan yang luar biasa kepada anda, seperti menjauhkan anda dari musibah, mereka akan selalu mendo’akan anda, dan mengingatkan anda untuk selalu berbuat kebaikan. Berikut penjelasan singkat mengenai Jin.

Bentuk dan Sosok Jin

Bentuk dan sosoknya sebenarnya tidak jauh berbeda dari bentuk manusia.

Kepala

Sedikit lebih besar daripada tubuhnya.

Deer Eye
Hanya Ilustrasi
Mata

Matanya memanjang dan tidak bulat seperti mata manusia (ada yang memanjang ke atas, ada pula yang sedikit miring ke arah dahi) mirip mata pada lazimnya orang-orang Cina atau Jepang namun tidak sipit, tapi besar dan lebar seperti rusa. Warna dari matanya bermacam-macam seperti mata manusia pada umumnya tapi pada warna hitam akan cenderung keputih-putihan dan apabila terlihat berwarna merah maka itu dikarenakan adanya sinar-sinar halus yang memancar dari mata Jin yang selamanya cenderung berwarna merah.Arc

Horse Ear
Telinga

Telinga mereka mirip telinga kuda/kucing. Oleh karena itu mereka lebih suka menjelma menjadi kucing, kuda, dan harimau.

Hidung

Hidungnya terletak ditengah-tengah wajahnya namun tidak mancung melainkan pesek atau bulat, mirip hidung laki-laki/perempuan Filipina.

Jin muslim memanjangkan jenggotnya, karena mengikuti petunjuk Nabi Muhammad SAW. Terhadap mereka yang tidak berjenggot, mereka menyebutnya dengan “Wajah Gentong”.

أَحْفُوا الشَّوَارِبَ وَأَعْفُوا اللِّحَى

Potong pendeklah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.” (HR. Muslim no. 623)

Rambut

Rambut Jin sangat tebal, apalagi pada kaum wanitanya. Rambut Jin laki-laki terasa lebih kasar dan banyak yang botak. Bagi mereka sangat panjang dan itu merupakan lambang kecantikan. Sampai-sampai ada diantara mereka yang rambutnya terseret di tanah.

Tangan

Tangan Jin sama seperti manusia tetapi lengannya terbilang sangat panjang ketimbang tubuhnya. Demikian pula halnya dengan kuku karena jari-jari mereka pun panjang.

Kulit

Berbeda-beda sama seperti manusia. Akan tetapi pada warna hitam, umumnya lebih hitam daripada manusia yang berkulit hitam. Sebab, kulit mereka hitam pekat melekat dengan dagingnya. Sebagaimana halnya dengan kulit dan daging manusia. Warnanya mirip dengan warna kerbau. Hanya saja sangat tebal bulunya, seperti orang yang paling tebal bulunya diantara manusia. Diantara mereka ada Jin yang lebih tebal lagi bulunya dengan warna yang berbeda seperti warna putih dan merah.

Jin juga mempunyai organ-organ dalam seperti paru-paru, jantung, dan juga alat kelamin namun terbilang kecil. Namun mereka tidak memerlukan oksigen sebanyak manusia. Tinggi mereka pun hanya sekitar tiga jengkal telapak tangan manusia dewasa, kotoran dan kencing mereka tidak berbentuk padat. Misalnya kotoran mereka, berbentuk uap yang sangat pekat, dan kencingnya berupa gas yang sangat kuat tekananya tetapi sangat ringan. Itu sebabnya, ada setan yang bisa mengencingi telinga seorang muslim yang ketika tidur tidak menyebut asma Allah.

“Setan telah mengencingi  orang tersebut” (HR. Al-Bukhari R. A.)

Setiap Jin memiliki dua tanduk, akan tetapi sangat kecil sekali bila dibandingkan dengan tubuhnya yang kecil. berbeda dengan Iblis, mereka memiliki tanduk yang besar sesuai dengan tubuhnya besar. Iblis sangat tua usianya, jauh lebih tua daripada manusia yang pertama.

Jin adalah makhluk yang bertubuh lemah, seperti tubuh manusia yang mengalami proses kelemahan sejalan dengan perjalanan waktu. Mereka juga berpakaian separti layaknya manusia. Meski begitu mereka tetap tidak dapat dilihat kecuali dalam kondisi tertentu, karena Jin diciptakan dari api yang bersifat gas sedangkan manusia hanya dari tanah.

ソース
Buku Dialog dengan Jin Muslim

43 thoughts on “Iblis Bukanlah Nenek Moyang Jin

  1. mas, iblis itu bagian dr jin yang paling jahat. kalo setan itu bukan jenis. setan itu sifat manusia maupun jin yang jahat. jadi menurut saya iblis memang bagian dr jin tp sifatnya jahat jadi iblis = setan, manusia juga bisa setan, jin juga bisa setan kalo sifatnya jahat. jadi ga ada namanya iblis menikah dengan jin perempuan trs jadi setan. iblis itu jin. menikah dengan jin perempuan tetep lahirnya ya jin. bukan setan, setan itu sifat bukan jenis.

    Suka

    1. Setan adalah sebutan bagi keturunan iblis, jadi secara teknis iblis bisa juga disebut setan. Seperti yang Anda katakan manusia dan jin secara teknis juga bisa disebut setan kalau dia ingkar, tetapi hal ini tidak serta merta meniadakan keberadaan setan sebagai jenis makhluk. Setan memiliki wujud tersendiri, berbeda dengan jin pada umumnya. Manusia dan jin disebut setan karena perbuatan/sifatnya menyerupai setan.

      Iblis adalah jin yang ingkar, kemudian dikutuk oleh Allah dengan memberikan paras yang sangat buruk, jadi sebelumnya dia merupakan golongan jin biasa. Keturunannyalah kemudian yang disebut setan, sebagai pembeda antaran jin (yang belum tentu kafir) dan setan (yang sudah pasti kafir)

      Selengkapnya, silakan Anda baca diskusi (komentar) antara saya dan wirapandita.

      Suka

  2. Klarifikasi melengkapi info aj gan ya msalah hawa di ciptakan dri tulang rusuk adam itu memang bnar adanya mnurut hadist ttp seterusnya tidak melainkan bnar setiap keturunan di ciptakan dari segumpal mani yg di buahi oleh sel telur dst. Akan tetapi benar adanya bahwa kaum lelaki atau kaum adam generasi seterusnya memang tulang rusuknya berjumlah tidak sama antara kiri dan kanan menurut ahli medis yg saya baca. Ini mengindikasikan bahwa saat hawa blm di ciptakan tulang rusuk adam berjumlah sama kanan dan kiri stelah di ciptakanya hawa maka tulang rusuk sbelah kanan berkurang satu itu trjadi smpai skarang pada kaum lelaki ga pcaya cek medis aj pke ronsen hitung sndiri ok gan hehe mksih

    Suka

    1. Terima kasih informasinya. Sya baru tahu jika ada penelitian medis terkait hadis tsb.

      Menurut saya, penelitian medis tsb masih belum cukup menyakinkan. Ada kemungkinan setiap laki-laki memang sejak awal diciptakan Allah seperti itu dengan tujuan tertentu, tanpa ada kaitannya dengan penciptaan perempuan. Yang saya yakini, jumlah tulang rusuk laki-laki tidak sama adalah karena kita mewarisinya dari nabi Adam yang jumlah tulang rusuknya tidak sama, bukan karena diambil Allah untuk menciptakan perempuan (yang akan menjadi jodoh kita). Jika memang diciptakan dari tulang rusuk, maka di dunia ini akan ada banyak laki-laki yang jumlah rusuknya berbeda-beda antar individu (mengingat jodoh bisa lebih dari satu). Tapi pada kenyataannya setiap laki-laki memiliki jumlah tulang rusuk yang sama, kan? Artinya jatah jodoh setiap laki-laki hanya satu. Melihat fakta ini, jika Anda tetap meyakini bahwa perempuan tercipta dari tulang rusuk, maka ini bertentangan dengan bolehnya berpoligami, karena Anda akan merebut ‘tulang rusuk’ orang lain. Belum tentu juga istri Anda adalah dari tulang rusuk Anda, terlebih jika bercerai dan tidak rujuk hingga akhir hayat. Sedangkan jika benar istri Anda adalah dari tulang rusuk Anda, tapi Anda menceraikannya, kelak di surga Anda tidak akan bersama dengan mantan istri Anda itu (padahal dia tulang rusuk Anda). Atas dasar ini saya menolak untuk menerima anggapan bahwa setiap perempuan setelah Hawa tetap diciptakan dari tulang rusuk.

      Allah maupun Rasulullah juga tidak pernah menyebutkan bahwa jodoh setiap manusia sudah ditentukan. Jodoh sendiri memiliki arti kecocokan, jadi siapapun yang cocok menurut hati kita, maka boleh kita peristri, tidak ada batasan untuk itu.

      Suka

  3. Mengetahui Perbedaan Antara JIN, SETAN dan IBLIS
    Tema Jin, Setan, dan Iblis masih menyisakan kontroversi hingga kini. Namun yang jelas, eksistensi mereka diakui dalam syariat. Sehingga, jika masih ada dari kalangan muslim yang meragukan keberadaan mereka, teramat pantas jika diragukan keimanannya.

    Jin Diciptakan Sebelum Manusia

    Tak ada satupun dari golongan kaum muslimin yang mengingkari keberadaan jin. Demikian pula mayoritas kaum kuffar meyakini keberadaannya. Ahli kitab dari kalangan Yahudi dan Nashrani pun mengakui eksistensinya sebagaimana pengakuan kaum muslimin, meski ada sebagian kecil dari mereka yang mengingkarinya. Sebagaimana ada pula di antara kaum muslimin yang mengingkarinya yakni dari kalangan orang bodoh dan sebagian Mu’tazilah.

    Jin, Setan, dan Iblis

    Kalimat jin, setan, ataupun juga Iblis seringkali disebutkan dalam Al-Quran, bahkan mayoritas kita pun sudah tidak asing lagi mendengarnya. Sehingga eksistensinya sebagai makhluk Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak lagi diragukan, berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah serta ijma’ ulama Ahlus Sunnah wal Jamaah. Tinggal persoalannya, apakah jin, setan, dan Iblis itu tiga makhluk yang berbeda dengan penciptaan yang berbeda, ataukah mereka itu bermula dari satu asal atau termasuk golongan para malaikat?

    Siapakah Iblis?

    Terjadi perbedaan pendapat dalam hal asal-usul iblis, apakah berasal dari malaikat atau dari jin.

    Pendapat pertama menyatakan bahwa iblis berasal dari jenis jin. Ini adalah pendapat Al-Hasan Al-Bashri rahimahullahu. Beliau menyatakan: “Iblis tidak pernah menjadi golongan malaikat sekejap matapun sama sekali. Dan dia benar-benar asal-usul jin, sebagaimana Adam adalah asal-usul manusia.” (Diriwayatkan Ibnu Jarir dalam tafsir surat Al-Kahfi ayat 50, dan dishahihkan oleh Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya)

    Siapakah Setan?

    Setan atau Syaithan (شَيْطَانٌ) dalam bahasa Arab diambil dari kata (شَطَنَ) yang berarti jauh. Ada pula yang mengatakan bahwa itu dari kata (شَاطَ) yang berarti terbakar atau batal. Pendapat yang pertama lebih kuat menurut Ibnu Jarir dan Ibnu Katsir, sehingga kata Syaithan artinya yang jauh dari kebenaran atau dari rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala (Al-Misbahul Munir, hal. 313).

    Ibnu Jarir menyatakan, syaithan dalam bahasa Arab adalah setiap yang durhaka dari jin, manusia atau hewan, atau dari segala sesuatu.

    Gambaran Tentang Iblis dan Setan

    Iblis adalah wazan dari fi’il, diambil dari asal kata al-iblaas yang bermakna at-tai`as (putus asa) dari rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

    Mereka adalah musuh nomer wahid bagi manusia, musuh bagi Adam dan keturunannya. Dengan kesombongan dan analoginya yang rusak serta kedustaannya, mereka berani menentang perintah Allah Subhanahu wa Ta’ala saat mereka enggan untuk sujud kepada Adam.

    Semoga kita semua terlindung dari godaan-godaannya. Wal ’ilmu ’indallah.

    Al-Ustadz Abu Hamzah Yusuf. Perbedaan Antara Jin, Setan dan Iblis, salfy.or.id

    Suka

  4. Setan Itu Sebutan Secara Umum Yg Diperuntukkan Bg Jenis Jin & Manusia Yg Tersesat & Menyesatkan Jin & Manusia Lainnya Dr Jln Yg Diridhoi Allah. Oknumnya Bs Siapa Saja Termasuk͵ Anda Ataupun Sy.. he..1000x. Jd Jk Anda Menanyakan Siapakah Emaknya Setan Jwbnnya Mudah Sj Kl Bukan Jin Ya Pasti Manusia Tergantung Siapa Oknumnya. Klo Yg Disebutkan Setan Dlm Postingan Ini Jk Dilihat Dr Karakternya Sy Meyakininya Sbg Setan Dr Jenis Jin. Setan Bknlah Jenis Lain Dr Makhluk Ciptaan Allah. Oleh Krn Itu Jk Kita Membicarakan Setan Maka Yg Sesungguhnya Yg Sdng Kita Bicarakan Adalah Jin & Manusia.. Mungkin Sebagian Dr Umat Muslim Tdk Setuju Jk Dikatakan Iblis Nenek Moyang Jin Krn Tdk Semua Jin Itu Jahat Bukan? Pd Mulanya Sy Sependapat Dgn Hal Ini Akan Ttp Setelah Sy Fikir2 & Berputar2 Dgn Opini Sy Sendiri Sy Berkesimpulan Sbb: Baik Buruknya Makhluk Tdk Bisa Dinilai Dr Jenisnya Melainkan Oknumnya. Baik Ataupun Jahat Makhluk Tdk Akan Merubah Jenisnya. Siapapun Dia Jin Tetaplah Jin Sekalipun Dia Iblis & Manusia Tetaplah Manusia Meskipun Dia Seorang Penjahat. Bnyk Ayat Dlm Alqur‘an Yg Menerangkan Siapakah Sosok Setan Ini. Silahkan Cari Th Sendiri. M‘f Jgn Tanyakan Pd Saya Krn Penafsiran Sy Blm Tentu Sama Dgn Anda & Anda Jgn Percaya Kpd Saya Krn Itu Termasuk Perbuatan Syirik..he..3x.

    Suka

    1. sprti dsar2 yg sya kmukakan sblm2ny, Setan mmang berasal dri jnis Jin, dan Jin mmang ada yg baik, ada yg buruk/jahat. Tpi yg prlu sya tekankan disini adl bhwa Jin yg jahat atau Jin yg kfir, kduany msh dpat ditaklukkan utk kmudian di Islamkan atas kuasa Allah SWT. Sdangkn Setan, mreka sma skali tdk bsa di Islamkan, krn mereka mrupakan kturunan dri Iblis dn Jin perempuan kafir yg mjd pengikutny, jdi Setan diciptkan oleh Allah smata-mata hny utk mnyesatkan umat manusia.

      Dlm hal fisik, Jin yg kafir tdk slalu memiliki perawakan yg buruk rpa, tdk sprti Setan, mereka diciptakan Allah dlm bntuk yg paling buruk.

      Suka

    2. Bg sy pribadi Materinya tdk jd masalah krn itu hak anda mau percaya pd siapa. Sy th maksud anda baik tp alangkah lbh baik lg jk anda singkronkan dgn judulnya agar tdk terkesan aneh. Iblis bukan nenek moyang Jin tp nenek moyang setan tp setan & Iblis sejenis Jin. Bg sy itu pendapat yg tdk konsisten & tdk menjelaskan apa2 krn disatu sisi menyangkal tp disisi lain membenarkan. Ngak jelas maksudnya maz bro.
      Spt halnya kata maz bro Setan sm skali
      tdk bsa di Islamkan & diciptkan
      oleh Allah smata-mata hny utk
      mnyesatkan umat manusia. Sy setuju jk yg maz bro maksud adlh jin Qarin kecuali qarinnya nabi muhammad krn Jin Qarin memang diciptakan Allah sbg ujian bg manusia & memang ditugaskan hny untuk menyesatkan manusia. Allah jg maha adil dgn menyertakan Qarin dr jenis malaikat sbg tandingannya. Jk Jin Qarin sll mengajak kesesatan maka Qarin Malaikat Kebalikannya. Kedua Makhluk inilah yg akan sll bertentangan dihati & fikiran manusia melalui bisikan ketika akan mlkukan suatu perbuatan yg baik maupun yg tdk baik. Akan tetapi Allah menyerahkan keputusan terakhirnya ditangan manusianya itu sendiri bisikan mana yg akan diikutinya krn kedua qarin ini hnylah asisten pribadi yg hny bs memberi masukan sja & tdk pny kemampuan memaksa majikannya scr fisik. he..3x.. Beda Jin Qarin Beda Pl dgn Jin pd umumnya. Mereka memiliki kemampuan melakukan kontak langsung maupun tdk lewat bisikan atau ajakan bahkan mampu melukai manusia melalui perbuatan sihir dlsb. Sdngkan Jin qarin sesuai kodratnya tdk pny kemampuan melukai manusia yg diikutinya scr fisik krn tugasnya hny membisikkan melalui hati & fikiran manusia. Makhluk ini sdh ada didalam tubuh manusia sejak pertama kali dilahirkan. Itulah yg membedakan Jin qarin & Jin pd umumnya. Beda setan beda pula iblis. Mungkn kita semua sdh th kl satu2nya makhluk terkutuk & tdk akan pernah masuk surga adlh Iblis. Dgn demikian setan msh diberi kesempatan untuk menentukan antara surga & neraka jk pny kemauan untuk kembali kejalan yg benar kecuali dia ingin tetap jd setan sampai menghembuskan nafas terakhir & mengikuti iblis. Hal ini jg mungkin berlaku bg Jin qarin krn makhluk ini akan tetap hidup sklpn org yg diikutinya meninggal dunia. qarinnya nabi muhammad pun bs atas kehendak allah mk tdk menutup kemungkin bg Jin qarin lainnya. hny allah yg th. Jk ada org yg melihat melihat org yg sdh meninggal dunia mk sesungguhnya yg dilihatnya adlh qarinnya yg bersangkutan. Siapapun oknumnya & apapun profesi & jenisnya Jin atau Manusia yg scr sadar mengajak untuk melakukan perbuatan dosa melalui lisan maupun bisikan dlsb itulah setan dlm artian yg sesungguhnya bahkan ada sbgian org yg berkeyakinan setan dr jenis hewan. dlm hal ini sy tdk sependapat dgn pendapat tersebut krn hewan tdklah berakal budi spt Jin & Manusia. Sln itu Hewan tdk diwajibkan beribadah. Tdk ada hadist maupun ayatnya yg memperkuatnya ttg hal tsbt. Jk pun ada mk sy yakin itu hasil perbuatan Jin atau Manusia. Sy pribadi beranggapan Jgnkn binatang͵ Manusiapun kl sdh tdk waras tdk akan berdosa melakukan apa sj krn dia tdk sadar apa yg dilakukannya & tdk layak disebut setan. Mana ada setan gila he..3x. Jgn terlalu serius maz bro tar cepet tua.

      Suka

    3. klo masalah Qarin, jujur sya sndri msh blm tahu byk & blm mmpu menntukan dalil yg mnrut sya paling bnar, jdi sya tdk bsa brkmentar byk ttg Qarin..

      Suka

  5. numpang ye… klo menurut sy,,, setan adalah hasil perkawinan antara iblis dgn jin perempuan yg kafir,, pernah denger cerita ttg hawa yg di titipkan seorang anak dari iblis belum?? cari sendiri ya…

    klo nenek moyang manusia adalah nabi adam As.. dan menikah dng Hawa yg brasal dr tulang rusuk nabi Adam As.. maka jika Iblis adlh nenek moyang Jin,, maka iblis mempunyai keturunan dari mana??? Emaknya si setan ni siape?? Allah swt menciptakan jin terlebih dahulu sebelum Adam.. apa iya Allah swt menciptakannya cuma satu?? lalu pasangan si Iblis ini dari mana?? apa iya di ciptakan dari rusuk si Iblis?? mohon di pikirkan,,, jangan jadikan blog ini jadi ajang perpecahan di antara kita.. OK??

    Suka

    1. y memang sprti itulah yg sdh sya tlis d muka, setan memang hasil perkawinan Iblis dengan Jin pengikutnya yang tentu saja kafir. Ttg crita hawa dititipkan seorang anak itu spertinya sya belum pernah dnger, mngkin lain kali akn sya liat.

      sedang masalah Hawa yg diciptakan dri tulang rusuk Nabi Adam AS, ini msh trjdi perselisihan dlm menafsirkan, ada yg bilang hanya Hawa sja yg diciptakan Allah dari tulang rusuk Nabi Adam AS, jdi para kaum hawa setelahnya tidak lagi diciptakan dari tulang rusuk, melainkan dri pertemuan antara mani dan sel telur, sehingga tumbuhlah zigot, dst. & ada jga yg bilang setiap kaum hawa diciptakn dri tulang rusuk kaum adam yg sdh dtntukan Allah sbg jodohny berdasarkan bbrapa hadits Rasulullah SAW. Dalam hal ini, sya lebih cnderung myakini keterangan yg pertama daripd yg kedua. Untuk jml awal penciptaan Jin mungkin hnyalah Allah yg tau. Kemudian untuk pasangan Iblis, sprti yg tdi disebutkan, yaitu jin pengikutnya yg sya yakini bukan diciptakan dari tulang rusuk Iblis, krn tdk adanya dalil yg sya ketahui ttg hal ini.

      Suka

    2. Maz Gantenk ini kebayakan baca komik. sy jg pernah dger cerita diatas tdk sy jdkan acuan karna itu hny sebagian kecil sj. tdk lengkap. coba pelajari lg Dr alqur‘an & ingat jgn menimpulkan jk baru th sepotong ayat nanti malah jd ngawur

      Suka

  6. Iblis adalah oknum sosok dr gol jin yg durhaka, iblis berasal dari kata ablasa artinya yg berputus asa. Coba lihat al Baqarah:30, Malailat juga makhluk ciptaan Allah yg berakal. Lainnya insha Allah benar. al Jan alias Azazil.

    Suka

    1. Sebenarnya simple saja. Jin itu kata jenis spt halnya Malaikat͵ Manusia͵ Hewan & Tumbuhan sedangkan kata Setan sendiri bukanlah kata jenis melainkan oknum dari dr jenis diatas. Jd Tdk Mungkin Oknum disamakan dgn jenis. bukan kelasnya. Jd jk kita menyangkal kata jenis misalkan jin maka jawaban yg tepat adalah manusia atau malaikat atau hewan atau tumbuhan yg merupakan kata jenis juga bukanlah setan krn setan bukanlah kata jenis melainkan oknum. Sama halnya ketika kita menyangkal Merek suatu benda misalnya Honda maka jawaban yg tepat adalah Yamaha atau Suzuki atau Kawasaki dlsb bukanlah Honda jazz krn honda jazz bukanlah merek melainkan type.
      Ketika kita mengatakan Iblis bkn nenek moyang jin tp nenek moyang setan sm halnya kita mengatakan Mobil jelek itu bknlah mobil honda tp mobil honda jazz. Aneh bukan.?! Merek tdk mungkin dibandingkan dgn type apalagi type dr mereknya sendiri. bukan kelasnya. Begitulah pemahaman saya.

      Suka

    2. Sy setuju dgn anda Jk malaikat adlh Makhluk yg berakal spt halnya Jin & manusia hny sj malaikat tdk pny kehendak krn bertindak atas dasar perintah Allah sdngkan Jin & manusia Bertindak atas dasar kemauannya sendiri. Atas dasar Inilah Allah Meminta pertanggung jawaban kpd Jin & manusia tentang apa sj yg sdh dilakukannya semasa hidupnya.

      Suka

  7. terima ksh atas saranny. bgn saudara geonk . yg sy pahami iblis itu adlh nama (satu oknum tdk jauh beda dgn anda hny ada 1 dimuka bumi) bknlah golongan yg spt yg anda sbtkan diatas. klo golongan itu jumlahnya lbh dr satu spt halnya setan (oknumnya bs siapa saja dr glngan jin & manusia) silahkan km baca lg tulisan sy scr lengkap sblm koment jd km paham maksud sy & kesannya ga asal ngomong. ayat diatas yg km tulis memang benar & sy 100% mempercayainya tp tdk ada relevansinya dgn artikel yg sdng kt bahas ini. ga nyambunggg gito loh.!?????????

    Trima ksh sdh mengizinkan sy mengomentari blog anda ini yg tdk lain & tdk bkn hny untuk berbgi pngthuan sj skli lg m’f jk ada kt2 sy yg slh. smua kmbl kpd pribd msng dlm memahami sesuatu permslhan. wassallam. kpl bleh panas tp hati hrs tetap dngin.

    Suka

  8. saya sependapat dengan artikel ini….. yang lain dan suka memberikan masukan yang gak jelas….tolong lebih belajar dan lebih banyak cari buku, dari semua literatur…. DAN YANG UTAMA DARI KITAB PALING SEMPURNA AL QUR’AN dan pendampingnya HADIST.

    Iblis adalah golongan Jin dan tidak semua golongan Jin adalah Iblis, karena menurut Al Qur’an:

    قُلْ أُوحِيَ إِلَيَّ أَنَّهُ اسْتَمَعَ نَفَرٌ مِّنَ الْجِنِّ فَقَالُوا إِنَّا سَمِعْنَا قُرْآنًا عَجَبًا
    يَهْدِي إِلَى الرُّشْدِ فَآمَنَّا بِهِ ۖ وَلَن نُّشْرِكَ بِرَبِّنَا أَحَدًا
    وَأَنَّهُ تَعَالَىٰ جَدُّ رَبِّنَا مَا اتَّخَذَ صَاحِبَةً وَلَا وَلَدًا
    Katakanlah (hai Muhammad): “Telah diwahyukan kepadamu bahwasanya: telah mendengarkan sekumpulan jin (akan Al Quran), lalu mereka berkata: Sesungguhnya kami telah mendengarkan Al Quran yang menakjubkan,(yang) memberi petunjuk kapada jalan yang benar, lalu kami beriman kepadanya. Dan kami sekali-kali tidak akan mempersekutukan seseorangpun dengan Tuhan kami, dan bahwasanya Maha Tinggi kebesaran Tuhan kami, Dia tidak beristeri dan tidak (pula) beranak. [Al-Jinn 1-3]

    jadin intinya iblis bukanlah nenek moyang jin tapi jenis atau golongan lain dari jin.. mau bukti lagi bang wirapandita?

    Suka

  9. Jk kita cermati scr detail kalimat setan dlm alqur’an jk diklasifikasi kan setara dgn kalimat kafir, murtad, muslimin, muslimah dlsb. klmt2 diatas diprgunakan sbg kata ganti hny untuk jnis jin & jenis manusia (penghuni bumi) saja . Hny artinya sj yg berbeda, demikianlah pemahaman sy.

    Sebenarnya anda sdh dibuat bingung oleh opini anda sendiri, mengpa demikian?
    Di 1 sisi anda menentang pendapat yg mengatakan iblis moyangnya jin tp disisi lain anda mmbenarkan kl setan yg anda sbtkn sbg anak cucu iblis adlh golongan jin. Jd yg benar yg mn.?!
    Jk nda lbh percaya setan sbg anak cucu iblis sharusnya anda menentang pendapat yg mngatakan iblis itu dr golongan jin, dgn demikian fikiran anda tdk mendua krn anda blm menentukan pilihan.
    Tp jika anda membenarkan pendapat tersebut diatas mk anda tdk bs menyangkal pendapat yg mengatakan bahwa iblis moyangnya jin. dimana salahnya jk anda sendiri membenarkan klo setan itu sejenis jin. Aneh bin Ajaib.!

    Suka

Ada yang ingin Anda sampaikan? (minimal sertakan nama Anda)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s