10 Bencana Alam Terbesar Di Dunia

Bencana Alam

Bencana alam merupakan kejadian yang terjadi di alam semesta dan disebabkan oleh alam itu sendiri. Gempa bumi, tsunami, puting beliung, dan banjir adalah contoh dari bencana alam yang kita ketahui. Sudah tak terhitung berapa banyak bencana alam di dunia yang telah terjadi. Berikut ini merupakan daftar dari 10 bencana alam terbesar di dunia:

Peshtigo Wildan

1. Peshtigo Wildan (8 Okt 1871)

Kebakaran liar yang terjadi di Peshtigo menyebabkan hangusnya lebih dari 1 juta are tanah disana. Akhirnya pada Oktober 1871, kebakaran liar ini dinobatkan sebagai kebakaran hebat sepanjang sejarah Amerika. Percikan api ditambah hembusan angin kencang sempat membuat Tornado Api di tempat kejadian dan 1,200 orang dicatat telah menjadi korban.

Dampak Badai Terbesar di Abad Ini

2. Badai Terbesar di Abad Ini (12-15 Maret 1993)

11 tornado, dengan kekuatan badai yang membawa bebatuan es menghantam seluruh bagian Kanada, Amerika Serikat, dan Cuba. Akhirnya karena kekuatan badai yang begitu besar, badai ini hingga sekarang disebut dengan Superstorm. Badai ini menyebabkan kerugian sebesar 6 milyar US$ dan menyebabkan 300 korban meninggal.

Gempa Besar di Chili

Gempa Besar di Chili

3. Gempa Besar di Chili (22 Mei 1960)

Meskipun gempa yang satu ini bukan gempa yang paling mematikan ataupun paling menghancurkan dalam sejarah tapi dalam segi kekuatan, gempa ini memiliki kekuatan 9.5 skala richter dan juga menyebabkan tsunami di Valdivia, Chili. Hasil dari gempa tersebut adalah 1600 orang meninggal.

Si Wabah Besar

4. Si Wabah Besar (3-4 April 1974)

Pada saat itu terjadi 148 tornado yang memporak-porandakan 13 negara bagian di Amerika. Badai ini tidak berlangsung dalam 1-2 jam saja, tapi berlangsung selama 24 jam penuh.

Akhirnya pada tahun 1974, berita resmi mengumumkan korban meninggal sebanyak 330 orang dan 5000 orang terluka. Jika 148 tornado tersebut digabungkan, maka akan menghasilkan badai seluas 2500 mil2.

Gempa Tangshan

5. Gempa Tangshan (1976)

Di banding gempa Sichuan yang terjadi pada tahun 2008 lalu (69,000 orang meninggal), gempa tersebut tidak bisa dibandingkan gempa Tangshan pada tahun 1976 di China. Gempa Tangshan menewaskan lebih dari 255.000 orang. Bahkan melalui data resmi, korban meninggal ternyata dua kali lipat dari hasil tersebut. Gempa tersebut berkekuatan 7.5 Skala Richter.

Vesuvius

Hanya Ilustrasi

6. Pompeii (79 S. M.)

Kejadian ini terjadi sekitar 2,000 tahun lalu, yaitu tahun 79 S. M. Ada sebuah Gunung berapi bernama Vesuvius yang akhirnya meletus pada hari itu selama 1 hari penuh, mengeluarkan abu dan zat racun yang sangat-sangat banyak hingga mengubur kota yang saat itu dinamakanPompeii(peristiwa ini dinamakan Aliran Piroklastika).

Krakatau

7. Krakatau (26-27 Agustus 1883)

Ketika Krakatau meledak di ledakan ke-4 pada Agustus 1883, Gunung api itu melepaskan 3 kubik mil magma dan itu sama dengan kekuatan energi 1 bom atom. Letusannya terdengar hingga ribuan mil jauhnya. Ledakan Krakatau menggemparkan seluruh negara-negara di Samudra Pasifik. Ledakan tersebut menyebabkan seluruh Pulau Krakatau tenggelam hingga dasar laut dan menenggelamkan lebih dari 100 pulau disekitarnya.

Akibat dari letusan Krakatau, 36.000 korban meninggal, kebanyakan disebabkan oleh tsunami dan abu dari letusan Krakatau bahkan sampai ke New York melalui udara dan lautan, sehingga menyebabkan penurunan suhu di seluruh dunia selama setahun.

Badai Katrina

8. Badai Katrina (2005)

5 Jenis Badai Katrina yang langsung menghajar Gulf Coast pada Agustus 2005 merupakan hal yang tidak asing lagi. Lebih dari 1800 orang meninggal karena badai Katrina yang menghajar bangunan-bangunan disana, tanpa bisa menahan badai tersebut.

80% daerah New Orleans tergenang oleh air dan daun-daun dari ranting pohon yang berterbangan sangat jauh. Merupakan sebuah peringatan dari alam agar selalu waspada akan bencana alam yang kita tidak akan pernah tahu kapan datangnya.

Tsunami di Samudra Hindia

9. Tsunami di Samudra Hindia ( 26 Des 2004)

Semua peristiwa ini diawali dengan gempa bumi yang sangat besar. Gempa yang berkekuatan 9.1 skala richter itu mengguncang Sumatra yang berada di kepulauan Indonesia. Gempa tersebut terjadi selama 8 menit namun mematikan. Bagaimanapun juga, gempa sebesar itu masih merupakan awal dari segala bencana.

Setelah beberapa saat, tsunami yang tercatat terkuat dalam sejarah pun terbentuk dan menuju ke 14 negara berbeda. Korban tewas sebanyak 230.000 jiwa. Tinggi tingkatan air di dunia sempat naik drastis beberapa kaki dalam beberapa hari. Hal tersebut akhirnya terukir dalam sejarah sebagai tsunami terkuat yang pernah ada.

Banjir Terbesar

10. Banjir Terbesar

Mungkin saja ini kejadian sejarah atau cerita sejarah tentang kejadian pensucian seluruh dunia. Banjir yang sangat mematikan terjadi di seluruh dunia dan kepada seluruh ras di dunia. Banyak juga yang selamat berkat Bahtera Nuh yang berlayar dengan ras Sumeria, India, penduduk asli Amerika, dan masih banyak lagi. Tentu saja ini merupakan salah satu legenda, yaitu seluruh dunia bersatu, seluruh pendosa akan mati, spesies makhluk hidup akan terlahir ulang.

About these ads

13 thoughts on “10 Bencana Alam Terbesar Di Dunia

  1. yg dr wilayah indonesia ngeri2 bgt, bukan cuman d indo aja efeknya :(. letusan krakatau dan tsunami aceh 26 des 04 sampe k negara lain gan :(

    Suka

  2. sebuah info yang maha dahsyat bila Allah sudah berkehendak, semoga kita semua bisa belajar dari ini semua, bahwa Allah Maha Berkuasa atas segala sesuatunya.

    OH ya …mohon izin untuk download untuk kliping sekolah anakku, terimakasih.
    Salam

    Suka

考えはお持ちですか?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s